• 19 August 2022

Berhenti Bekerja Demi Budidaya Kelinci Hias

Berawal tahun 2010, saat sedang hiling ke daerah Lembang - Bandung, Firmansyah tertarik setelah melihat kelucuan hewan bertelinga panjang dengan bulu yang lembut.

Diawali dengan mengadopsi dua ekor kelinci, pemilik dari Depok Rabbits Park mulai mempelajari karakternya. Saat itu, hanya tertarik untuk memelihara saja, tanpa niat membudidayakan.


Langkah untuk memulai usaha, dimulai ketika Firmansyah bersama temannya berhasil mendapatkan bantuan dari kampus tercintanya. "Awalnya hanya mengikuti perlombaan yang diadakan di Universitas Indonesia. Pada perlombaan yang berkisar tentang proposal bisnis, saya mengajukan tema Depok Rabbits Park. Hasilnya mendapatkan modal sebesar Rp8 juta dari ajang UI Young Entrepreneur yang kemudian digunakan untuk patungan dengan teman demi memulai berternak kelinci."


Namun baru berjalan selama dua tahun, kerjasama dengan dua temannya harus berakhir. Memang awalnya, Firmansyah harus menunda keinginannya membesarkan budidaya kelinci ini. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu dan no telepon yang tersebar merupakan nomor miliknya sehingga masih banyak yang menanyakan ketersedian kelinci hias.


"Tiga tahun terakhir, saya mulai fokus untuk berternak kelinci dengan sengaja berhenti bekerja. Tidak hanya fokus berternak kelinci, saya juga membuka usaha dengan memberikan perawatan khusus kelinci. Mulai grooming, hingga perawatan pada kelinci yang terkena berbagai penyakit."


Peluang usaha dengan memberikan perawatan untuk kelinci, ternyata membuat Firmansyah mulai kerepotan. Alhasil, usaha budidaya kelinci hias dengan berbagai jenis, termasuk Holland Lop tidak tertangani.

"Jujur saja, fokus saya terbagi pada budidaya dan jasa perawatan kelinci. Namun saya masih punya mimpi besar untuk membuat pet shop dan juga peternakan kelinci. Semoga kedepannya saya bisa lebih membesarkan usaha ini."

Walau demikian, Firmansyah tetap memastikan stok kelinci hasil budidaya Depok Rabbits Park tetap tersedia. Hal ini terbukti dengan dirinya selalu hadir mengikuti pameran atau lomba kelinci hias.

Related News