• 19 August 2022

Menanam Jagung dari Jemur Benih

uploads/news/2022/07/menanam-jagung-dari-jemur-32907386dd59aae.jpg

BOGOR - Benih yang baik dan unggul tentunya menjadi salah satu faktor penting dalam menanam jagung agar hasil yang di dapat sepadan sesuai keinginan. Sebelum ditanam benih jagung terlebih dahulu dijemur.

Hal tersebut seperti dilakukan Aneng yang juga ketua Kelompok Tani Dewasa Lemah Duhur, Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat. Kata Aneng, penjemuran benih jagung sudah menjadi aktivitas rutin dilakukan sebelum masa tanam.

"Memang bagusnya (benih jagung) dijemur dahulu dana juga biar awet. Yang akan ditanam sekarang jenisnya jagung Paragon. Inikan jagungnya besar-besar," kata Aneng kepada Jagad Tani, Rabu (6/7).

Aneng memproses benih jagung ini cukup sederhana dengan memanfaatkan sinar matahari. Puluhan tongkol jagung dari hasil panen sebelumnya, ia jemur di bawah terik matahari hingga berulang untuk menghasilkan biji jagung yang kering.

"Penjemurannya sampai (biji jagung) kering. Yang ini sudah ada seminggu. Biasanya kurang dari itu, karena kan sekarang kadang-kadang suka turun hujan," terang Aneng.

Rencananya, benih jagung tersebut akan ditanam pascapanen padi organik atau tepatnya Agustus 2022 mendatang. Aneng mengatakan, benih yang dipersiapkan saat ini sudah bisa mencukupi untuk lahan seluas satu hektare.

"Ini mau ditanam bulan Agustus setelah panen padi. Jadi setelah kering tinggal dipetikin aja (biji jagung). Saya tanamannya satu -satu dengan jarak tanam sekitar 1 meter antar baris dan 30 sentimeter antar tanaman," paparnya.

Aneng melanjutkan setelah biji jagung dipisahkan dari tongkolnya, benih yang siap tanam tinggal dimasukkan ke lubang tanam. Setelah itu diberi pupuk kotoran hewan ternak dengan takaran secukupnya untuk menutupi lubang tanam.

"Benih ini langsung aja ditanam, setelah tanah dihaluskan, lalu ditutupin sama kohe untuk pemupukan dasar, secukupnya. Nanti pemupukan selanjutnya seminggu sekali dan perawatan lainnya," katanya.

Tanaman pangan bernama ilmiah Zea mays L. ini, terang Aneng, dapat dipanen setelah mencapai usia dua bulan setengah sejak penanaman benih jagung. "Tiga bulan kurang jagung sudah bisa dipanen. Kecuali untuk benih, hampir tiga bulan, jagungnya matang," pungkasnya.

Related News