• 25 April 2024

FLOII Jawaban Absennya Pameran Tanaman Berskala Internasional

FLOII menjadi jawaban atas absennya pameran tanaman hias berskala internasional sejak 1970 -an di Indonesia. Floriculture Indonesia International Convex (FLOII) dengan mengusung tema “Empowering Mindscapes and Transforming Indonesia Tropical Plants Industry” akan diadakan di Hall A, Jakarta Convention Center pada tanggal 14-16 Oktober 2022.

Ajang pameran tanaman hias yang diadakan oleh FLOII dengan mengandeng Quad Event dan bekerja sama dengan Perhimpunan Florikultura Indonesia (PFI). Dan FLOII juga mendapat dukungan dari asosiasi lain yaitu Indonesian Aroid Society.

Dalam ajang Floriculture Indonesia International Convex (FLOII), selain menggelar pameran tanaman hias, juga terdapat kegiatan lainnya seperti konferensi yang menghadirkan ahli holtikultura dari dalam dan luar negeri, kontes tanaman hias, kontes fotografi, dan kegiatan sosial lainnya.

Dan dipastikan pameran tanaman hias ini juga akan diikuti peserta dari mancanegara merupakan jawaban atas tingginya penghobi tanaman hias. Siklus peminat tanaman hias memang cenderung meningkat, seiring masa karantina ketika pandemi Covid-19 yang mengharuskan masyarakat berdiam diri di rumah sehingga harus mengusir kejenuhan.

Tanaman hias di Indonesia yang beragam juga menarik minat pasar mancanegara sehingga menjadi komoditas baru untuk ekspor. Pertumbuhan budidaya tanaman hias atau florikultura memang menunjukan peningkatan.

Mengacu data dari Dirjen Holtikultura Kementerian Pertanian, dalam dua dekade terakhir mencapai 12 persen, lebih tinggi dari komoditas tanaman obat, sayuran, dan buah-buahan. Ragam kekayaan florikultura di Indonesia yang mencapai ribuan jenis membuat Indonesia menjadi salah satu pemasok florikultura untuk pasar internasional.

FLOII dipastikan mempromosikan dan mendukung praktik yang paling berkelanjutan, etis, terstandardisasi, dan modern dalam produksi dan pengelolaan tanaman hias; konservasi keanekaragaman hayati, tempat berkumpul untuk berbagi praktik dan inovasi berkelanjutan; etalase tanaman hias terlengkap di dunia; dan business matching dan transaksi perdagangan tanaman hias internasional.

Ajang FLOII dibuka untuk umum dan terbuka bagi semua penggiat hingga penggemar tanaman hias, peneliti, kolektor, holtikulturis, dan masyarakat pada umumnya. FLOII diharapkan menjadi titik awal dalam menyusun rencana strategis industri tanaman hias Indonesia dan menjadi salah satu event internasional yang diakui dunia sebagai pameran keanekaragaman hayati terlengkap dan pusat bisnis yang efektif.

Related News