• 6 October 2022

Peringati Kemerdekaan, Petani Klaten Ikut Balapan Traktor

Klaten - Puluhan petani mengikuti lomba balapan traktor di area persawahan Desa Karangduren, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Minggu (14/8/2022).

 

Kegiatan yang digelar Traktor Mania Klaten ini dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

 

Pembina Traktor Mania Klaten, Sumarna, mengatakan, balapan traktor diikuti petani di tiga kecamatan di Klaten, antara lain Kecamatan Kebonarum, Kecamatan Karangnongko, dan Kecamatan Kemalang.

 

Dipilihnya balapan traktor sebagai pengingat bahwa asal usul masyarakat Klaten adalah petani. Lomba ini diikuti 26 peserta, rinciannya 16 orang usia dewasa dan 10 orang usia anak-anak. Untuk menambah kemeriahan ada juga partai persahabatan dari Magelang.

 

"Panjang lintasan yang dipakai sekitar 120 meter. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan petani bisa bangkit," ujarnya.

 

Salah satu peserta balapan traktor yang juga Ketua Traktor Mania Klaten, Nur Mardiansyah, mengatakan, balapan traktor ini untuk menjalin silaturahmi antar paguyuban traktor.

 

Ia menambahkan, balapan traktor sekaligus sebagai ajang pembuka untuk kegiatan serupa di tahun-tahun mendatang. Ia juga berpesan kepada generasi muda untuk tidak malu menjadi petani.

 

"Untuk bisa cepat (menjalankan traktor) adalah yang pertama skill, kemudian yang kedua kalau bisa jangan naik atau didorong sedikit saja. Saya pegang traktor sejak kelas 3 SD jadi sudah terbiasa," ujarnya.

Related News