• 3 May 2024

KWT Desa Barepan Gelar Bazar Produk Pertanian

Jagadtani - Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Barepan, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah menggelar bazar hasil pertanian di Alun-alun Taman Barepan. Kegiatan ini digelar dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kepala Desa Barepan, Irmawan Andriyanto, dalam keterangannya, Kamis (18/8/2022), menjelaskan, kegiatan bazar hasil pertanian dilaksanakan sejak Rabu (17/8/2022) selepas Upacara HUT ke 77 RI. Bazar diikuti 9 KWT, antar lain KWT Guyup Rukun Blok KPK, KWT Pandan Wangi Barepan Kulon, KWT Subur Makmur Gebang, KWT Anugerah Dukuh, KWT Manunggal Rasa Barepan Wetan, KWT Sedyo Rukun Sepi, KWT Sabuk Alu Brangkal, dan KWT Ngudi Rejeki Tanjung.

Baca juga: 239 sample diadu dalam kompetisi kopi nusantara

Dijelaskan, Bazar KWT diadakan sebagai rangkaian inovasi Desa Barepan dan kegiatan memperingati HUT ke 77 RI. Dalam bazar ini menampilkan berbagai produk pertanian seperti sayuran segar, produk hasil olahan KWT, makanan ringan, berbagai minuman, dan hasil pertanian lainnya.

"Kegiatan ini selain bertujuan untuk memotivasi UMKM yang ada di Desa Barepan juga tentunya meningkatkan perekonomian masyarakat. Karena setiap sore hari di Alun-alun Taman Barepan ini banyak sekali UMKM yang menggunakan untuk berjualan kuliner," ujar Irmawan.

Pihaknya akan mensupport segala kegiatan yang sifatnya positif dan inovatif. Hal ini untuk kemajuan desa dan membantu terwujudnya tagline Hari Jadi Kabupaten Klaten yang ke 218 yaitu "Nyawiji Hanggayuh Mukti".

"Seiring berjalannya waktu kami akan selalu berbenah agar fasilitas publik ini tetap terjaga kebersihan dan kenyamanan pengunjung," ujar Irmawan.

Salah satu anggota KWT Guyup Rukun, Ninik, mengaku senang dengan adanya bazar. Kegiatan ini tentunya sangat bermanfaat karena bisa mendongkrak perekonomian masyarakat.

Baca juga: Cara Mudah Ganti Mobil Bagi Petani Milenial

"Ini akan membantu ibu rumah tangga dalam memenuhi kebutuhan sayur mayurnya. Sehingga tidak harus ke pasar karena di KWT sudah banyak terdapat tanaman sayuran yang antara lain tomat, ketimun, sawi, bayam, kangkung, cabai, wortel, dan lainnya," ujarnya.

Seorang pengunjung, Sri Sulami, warga Kecamatan Pedan, mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan bazar hasil pertanian KWT Desa Barepan. Ia sengaja datang ke bazar ini untuk berbelanja.

Related News