• 6 October 2022

Bermodalkan Teh Fermentasi, Kombucha Bikin Badan Sehat

Berawal dari kesadaran terhadap kesehatan dan seringnya meminum teh fementasi atau yang dikenal dengan kombucha. Akhirnya dua wanita ini memutuskan untuk memproduksi sendiri dan mempersebarluaskan kombucha dengan caranya sendiri.

Kombucha sendiri merupakan teh fermentasi yang dibuat menggunakan teh hijau atau teh hitam yang dicampur menggunakan jamur dan bakteri yang disebut dengan SCOBY (Symbiotic Culture Of Bacteria and Yeast) kemudian didiamkan selama kurang lebih dua minggu.

Fernandina Celina dan Ry Azzura pemilik Kombucha Dariteh yang berlokasi di Jl. Raya Puri Pamulang, Pamulang Barat, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten. Ia terlebih dahulu melakukan riset yang dalam untuk membuatnya, agar kombucha ini mendapat rasa yang pas dan bisa diterima di masyarakat. Celin dan Ryry juga memiliki misi tersendiri dalam menjalankan bisnisnya ini yaitu mengindari Bahasa inggir pada label minumannya.

Baca juga : Minuman Untuk Daya Tahan Tubuh 

“kita tau manfaatnya ini apa, kita juga mau orang lain lebih sehat, sebagai orang yang konsern sama kesehatan ya, walaupun bukan dokter, tapi kita suka baca buku tentang kesehatan kita juga suka olahraga, dan kita juga lihat kok orang makin tua makin banyak ya penyakitnya. Nah dari situ kita mau kenalin satu yang biasa kita minum dan banyak manfaatnya kenapa ga kita kasih tau orang ini ada loh minuman sehat dan banyak manfaatnya, kita juga menyebarkannya itu menghindari dari bahas inggris di label kita. Biar lebih mudah di mengerti sama orang-orang.”Ujar Ryry dan Celin

Memiliki pengalaman yang berbeda dari pertama kali mencoba kombucha membuat mereka berdua akhirnya memutuskan untuk bekerjasama memproduksi sendiri dan memperjual belikan kombucha ke masyarakat.

“kita sudah suka kombucha, nyoba-nyoba rasa kombucha itu dari 2015, lalu terfikir buat kenapa ga bikin sendiri aja, nyari juga susah dan sekalinya ada itu harganya cukup mahal, akhirnya kita putusin untuk buat sendiri, dan celin yang riset-riset ilmiah paper-paper penilitian dari luar, kemudian riset bahan yang dibutuhkan, manfaat, dan harga jualnya mulai dari awal 2020 sampai akhirnya kita release itu dibulan desember 2020. Dengan tiga varian rasa yaitu teh hitam original, teh hitam raspberry, dan teh hitam daun kelor.” Ucap Ryry saat ditemui di kedai dariteh

Baca juga : Pupuk Organi Hayati Berkhasiat Kembalikan Kesuburan Tanah

Ryry mengatakan Kombucha ini sudah familiar sedari dulu di tahun 90an itu sempat ada gelombang kombucha namun dengan nama yang berbeda yaitu dikenal dengan teh jamur. Proses pembuatannya pun sama seperti yang kita buat saat ini. kombucha ini cocok untuk orang-orang yang sadar akan kesehatannya, dan juga vegetarian.

Related News