• 18 July 2024

Obat Alami Atasi Bebek Lumpuh

Beragam kendala hingga penyakit selalu hadir saat berternak unggas, termasuk bebek. Banyak langkah untuk penanganan penyakit pada unggas yang dilakukan oleh Sahabat Tani, mulai dari obat kimia hingga obat alami (herba)l. Termasuk pada bebek yang sebenarnya tergolong lebih kuat dibandingkan unggas lainnya. Penyakit bebek biasanya berupa lumpuh sehingga tidak dapat berjalan.


Ada obat alami atau herbal yang dapat digunakan untuk mengatasi bebek yang terkena penyakit lumpuh. Tips ini diperoleh tim Jagad Tani ketika berkunjung ke Faedah Farm milik dari Muhammad Bashoir di daerah Depok.


'Sejak awal saya berternak unggas, termasuk bebek memang selalu berusaha memberikan obat alami. Termasuk pada bebek peliharaan saya yang terkena penyakit lumpuh. Pada dasar penyakit lumpuh pada bebek disebabkan saluran pencernaannya hingga panas dalam. Obat yang saya gunakan hanya berupa bawang putih."


Bawang putih, selain sebagai bumbu masakan juga terkenal sebagai antibiotik. Bahkan menurut penelitian, bawang putih mengandung senyawa aktif yang dapat berfungsi sebagai antijamur, antiprotozoa, dan antivirus. Senyawa dengan nama Allicin pada bawang putih memiliki kemampuan sebagai antimikroba terhadap berbagai jenis bakteri baik gram positif maupun gram negatif.


Cara memberikan bawang putih pada bebek cukup mudah, dengan meloloh satu siung di pagi hari. "Biasanya bebek yang lumpuh diketahui pada pagi hari. Jika hal itu terjadi, saya langsung memberikan satu siung bawang putih dengan cara melolohnya. Khasiat bawang putih bisa lamgsung terlihat," ungkap Muhammad Bashoir.


Namun jika sore hari bebek masih terlihat lumpuh, ada cara selanjutnya yang dapat dilakukan. Sahabat Tani cukup memberikan minyak goreng dan es batu (cukup sebesar ibu jari). Pemberian minyak goreng dan es batu dianggap Muhammad Bashoir dapat meredakan sakit pada pencernaan bebek.


"Seperti yang telah saya katakan sebelumnya, biasanya bebek lumpuh karena ada masalah pada pencernaannya dan panas dalam. Langkah selanjutnya harus diberikan minyak goreng dan es batu untuk mempelancar sekaligus mendinginkannya.'


Cara mengobati bebek yang lumpuh dengan metode herbal telah dibuktikan oleh Muhammad Bashoir. Paling lama sekitar dua hari, bebek dapat berjalan kembali. Dan hasilnya hingga saat ini bebek yang dipelihara di Faedah Farm dapat produksi dengan lancar.

Faedah Farm sedang fokus pada pembesaran bebek dan produksi telur bebek. Telur - telur yang dihasilkan langsung diolah menjadi telur asin, namun dengan metode rendam.


Untuk informasi cara mengolah telur bebek menjadi telur asin melalui metode rendaman, sahabat tani dapat melihat di kanal YouTube - Jagadtani Tv.

Related News