• 26 April 2024

473 Tanaman Meriahkan Kontes Bonsai

Jagadtani - Sebanyak 473 tanaman bonsai dipajang dalam pameran dan kontes bonsai lokal yang digelar di lapangan Desa Tirtomarto, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kegiatan yang diselenggarakan pemerintah desa setempat ini berlangsung dari tanggal 26 Agustus 2022 sampai 2 September 2022.

 

Penasihat kegiatan pameran dan kontes bonsai lokal, Suyata, menyampaikan, total ada 473 tanaman bonsai yang ikut dalam pameran dan kontes, antara lain dari Sumatera, Bali, Bekasi, Jogja, Sragen, Boyolali, Sukoharjo, Wonogiri, Solo, Klaten, dan sebagainya.

 

"Harapan dari kegiatan ini biar masyarakat ini tahu dan bisa meningkatkan apa namanya hobi juga kreativitas di bidang seni yang mana ke depan juga ada nilai ekonominya," ujarnya.

 

Dijelaskan, dalam pameran dan kontes bonsai ini didominasi oleh tanaman serut. Untuk harga bervariasi dari puluhan juta hingga ratusan juta rupiah.

 

Untuk penilaian kontes, ada beberapa kriteria, antara lain penampilan, gerak dasar, keserasian, kematangan, dan sebagainya.

 

Kegiatan pameran dan kontes bonsai lokal ini mendapat perhatian dari para pecinta dan pehobi tanaman bonsai. Mereka antusias untuk datang melihat koleksi sambil belajar.

 

Salah satu pengunjung, Burhanudin, mengatakan, dirinya senang adanya pameran bonsai ini. Melalui ajang ini diharapkan bisa menambah wawasan dan termotivasi untuk menekuni lebih dalam mengenai tanaman bonsai.

 

"Sekedar melihat-lihat pameran bonsai ini sambil belajar. Kalau saya pribadi, saya juga masih pemula jadi masih pingin belajar, setiap pohon kan beda-beda gerakannya dan gaya-gayanya. Ini bisa buat inspirasi di rumah," ujarnya.

Related News