• 29 March 2024

Panen Perdana Cabai Berkat Integrated Farming

uploads/news/2022/09/panen-perdana-cabai-berkat-2822059a51d7d45.jpg

Lampung - Komoditas cabai dipastikan masih menjadi salah satu hasil panen yang dapat dinikmati oleh petani. Beragam cara dilakukan untuk meningkatkan hasil panen dari budidaya cabai, termasuk sistem Integrated Farming yang dijalani oleh petani milenial kelompok Tunas Tani di Desa Margorejo, Kecamatan Tegineneng, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

 

Integrated farming merupakan cara pertanian dengan sistem memanfaatkan antara tanaman perkebunan, pangan, hortikultura, hewan ternak dan perikanan. Sistem ini diharapkan dapat meningkatkan agro ekosistem yang dapat mendukung hasil produksi pertanian (stabilitas habitat) sehingga pendapatan ikut meningkat dan juga berfungsi dalam melestarikan sumber daya alam.

 

Kesuksesan petani milenial ini telah dirasakan melalui panen perdana yang dipimpin langsung oleh Syahrul Yasin Limpo - Menteri Pertanian (05/09/22). Menteri Pertanian menyakini bahwa petani-petani milenial merupakan bagian penting dalam pertumbuhan pertanian di Lampung.

 

Selain melakukan panen cabai, Mentan juga melakukan kunjungan ke kandang kambing dan ayam milik kelompok tani. Mentan juga memberikan arahan bagi kelompok tani milenial untuk terus belajar dan menggunakan jaringan petani milenial untuk meningkatkan hasil produksi pertanian dan peternakan.
 
 
"Orang bertani ini pasti nggak miskin, karena hanya pertanian yang tidak pernah berhenti di perdagangkan. Orang butuh makan, orang butuh kambing, butuh cabai, butuh sayur. Apalagi kamu anak milenial. Ini sudah benar, saya apresiasi," kata Menteri Pertanian.
 
 
Kelompok Tunas Tani merupakan petani-petani milenial dari Lampung yang menerapkan Integrated Farming dengan hasil unggulan cabai, jagung, kacang hijau, kambing, ayam serta hasil peternakan dan pertanian lainnya. "Saya setuju ini namanya Tunas Tani. Kau jadi tunas dari Lampung ya," tutup Mentan.
 
"Lahan kita 20 hektar untuk saat ini, Hortinya sekitar 3 hektar. Sisanya kita tanami jagung. Kemarin terakhir kita tanami kacang hijau setelah tanam jagung," kata Haryadi, Ketua Kelompok Tunas Tani.

Related News