• 6 December 2022

Sereal Sehat dari Kacang Bogor

uploads/news/2022/09/sereal-sehat-dari-kacang-59041c0b417a4dc.jpg

JAGADTANI - Tim Program Kreativitas Mahasiswa-Kewirausahaan (PKM-K) Institut Pertanian Bogor (IPB) University mengembangkan produk sereal dari kacang bogor dan tepung mocaf. Sereal ini bernama SEKAF.

SEKAF ini memiliki beragam kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti serat yang tinggi, sehingga cocok untuk menu sarapan. Sebagai produk lokal, SEKAF juga diharapkan dapat mengurangi angka ketergantungan impor terhadap produk sejenis, terutama gandum yang banyak digunakan sebagai bahan baku serealia di pasaran.

Chief Executive Officer (CEO) SEKAF, Maulida Nur Astriyani mengatakan, ide pembuatan SEKAF berawal dari belum adanya produk turunan kacang bogor yang mampu menarik minat konsumen. Sementara kacang bogor punya potensi untuk dikembangkan sehingga bisa menikmati dengan cara yang berbeda.

"Selama saya tinggal di Bogor, kacang bogor hanya dikonsumsi sebagai kacang rebus dan dijual di pinggir jalan. Padahal, potensi untuk mengembangkan kacang bogor ini sangat besar. Untuk itulah kami membuat SEKAF, agar masyarakat bisa menikmati kacang bogor dengan cara yang berbeda, namun kandungan nutrisinya tetap baik untuk tubuh," ujarnya, Kamis (8/9).

Mahasiswa IPB University ini melanjutkan, saat ini jumlah peminat produk SEKAF terus bertambah. Mulai dari civitas kampus hingga masyarakat umum.

Selama periode penjualan Juli-September, produk SEKAF yang dijual dengan harga Rp 15.000 per kemasan, telah berhasil menjangkau pasar yang luas meliputi pulau Jawa, Sumatera, Bali, Kalimantan dan Sulawesi.

"Produk ini juga dinilai memiliki daya tarik yang tinggi karena dapat dikonsumsi secara praktis. SEKAF dikemas dalam wadah kertas tahan panas yang berisi 45 gram sereal dan 15 gram susu bubuk kacang bogor,” tambahnya.

Ia berharap penggunaan kacang bogor dan tepung mocaf sebagai bahan baku utama pembuatan SEKAF dapat meningkatkan nilai jual produk pertanian masyarakat. Dengan demikian, keuntungan yang diperoleh lebih besar dari sebelumnya.

"Sebagai program rencana keberlanjutan, SEKAF akan dijual terpisah dari susu kacang bogor, sehingga dapat dinikmati sebagai camilan. Selain itu, diharapkan SEKAF dapat menjalin kerjasama dengan toko oleh-oleh khas Bogor," pungkasnya.

Related News