• 6 December 2022

Limbah Jerami Padi Diolah Menjadi Kertas

Jagadtani - Jerami padi bisa dibuat untuk aneka keperluan, salah satunya biasa digunakan sebagai bahan untuk membuat pupuk kompos. Selain itu, limbah jerami ternyata bisa juga diolah menjadi kertas bernilai ekonomis.

 

Pegiat Lingkungan, Anthusa Agung, dalam kegiatan Pelatihan Pengelolaan Sampah dan Limbah Pertanian di Dukuh Krajan, Desa Jurangjero, Karanganom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Sabtu (10/9/2022), mengatakan, pengolahan limbah jerami menjadi kertas cukup mudah. 

 Baca juga: KKP Perjuangkan BBM untuk Nelayan

"Untuk membuat kertas dari jerami yang penting ketersediaan bahan bakunya yakni jerami. Bahan baku jerami sangat melimpah, terutama di daerah pedesaan," ujarnya.

 

Agung menjelaskan, dalam membuat kertas dari jerami harus melalui beberapa proses. Pertama, membuat pulp (bubur) terlebih dahulu. Setelah itu dilanjutkan proses kedua yakni pembuatan kertas.

 

Cara pembuatan pulp, siapkan jerami kemudian dikeringkan. Setelah kering ditimbang. Kemudian masak jerami hingga matang dengan larutan soda 1,5 persen pada suhu 100 derajat Celcius.

 

Setelah proses memasak selesai, cuci jerami menggunakan air bersih. Lalu, dilakukan pemucatan dan dicuci kembali untuk kemudian jerami dihaluskan dengan blender.

 

Selanjutnya, jerami yang sudah halus disaring lalu dijemur hingga kering dan pulp jerami siap digunakan.

 

Cara membuat kertas, siapkan pulp jerami sesuai kebutuhan, kemudian tambahkan air secukupnya dan haluskan dengan blender. Setelah itu cetak pulp menggunakan screen dan keringkan. Kertas sudah siap digunakan.

 

Agung mengaku memilih mengolah limbah jerami menjadi kertas karena fungsi kertas belum tergantikan dan masih digunakan hingga saat ini.

 

"Saya dari tahun 2011 mulai menekuni pengolahan limbah jerami menjadi kertas. Ternyata barang bekas juga bisa bernilai ekonomis," ujarnya.

Baca juga: Hasil Survey, kesejahteraan petani meningkat

 

Salah satu peserta pelatihan, Tutik Prasetyaningsih (52) mengaku tidak sulit mempraktekkan pembuatan kertas dari limbah jerami. Selain mudah, bahan baku jerami juga melimpah.

 

"Cukup mudah prosesnya. Bisa menambah pengalaman. Selanjutnya nanti kita akan coba sendiri di rumah," ujarnya.

Related News