• 6 October 2022

Rafflesia Arnoldii R.Br, Puspa Langka Mekar di KRB

Jagadtani - Bunga Rafflesia Arnoldii R.Br untuk pertama kali mekar di Kebun Raya Bogor (KRB), di luar habitatnya. Mekarnya Puspa langka ini sepertinya menjadi kado istimewa bagi kebun botani yang berada di jantung Kota Bogor.

Periset dan Kurator Koleksi Rafflesia di KRB, Sofi Mursidawati menyampaikan, bahwa jenis Rafflesia yang mekar merupakan Rafflesia Arnoldii R.Br dan baru pertama kali mekar sebagai hasil budidaya di KRB.

"Hari ini hari yang cukup istimewa karena ada Rafflesia Arnoldii yang mekar pertama kalinya di KRB. Meskipun diameternya tidak lebih 60 sentimeter, namun jenis ini sudah dapat dipastikan adalah Rafflesia Arnoldii R.Br," kata Sofi, Rabu (14/9).

Upaya konservasi Rafflesia Arnoldii R.Br di luar habitatnya (secara ex situ) sejak tahun 1818 belum membuahkan hasil. Pada tahun 2006, peneliti Rafflesia KRB melakukan upaya menumbuhkan biji Rafflesia Arnoldii R.Br asal Bengkulu di vak. XVII, yaitu koleksi jenis-jenis tumbuhan pemanjat (climber) termasuk di dalamnya terdapat tujuh spesies tetrastigma, yang merupakan inang Rafflesia.

Setelah 16 tahun atau tepatnya awal September 2022, Rafflesia Arnoldii R.Br muncul beberapa knop bakal bunga yang salah satunya mekar pada 12 September 2022.

"Penelitian ini berawal dari tahun 2006 sebetulnya. Tetapi, 2006 pun saya melanjutkan penelitian yang terdahulu Botanis Belanda yang pernah berdiam di Bogor tahun 1850-an penelitian ini sudah dilakukan sebetulnya," katanya.

Dijelaskan Sofi, dalam menunjang penelitian untuk menumbuhkan bunga dari keluarga Rafflesiaceae ini dipilih metode yang agak berbeda dengan penumbuhan Rafflesia Padma yang sudah mekar sebanyak 16 kali di KRB.

"Biasanya Rafflesia Padma yang sering mekar sudah 16 kali. Metode yang kami gunakan untuk membungakan atau menumbuhkan Rafflesia Arnoldii ini agak berbeda dengan Rafflesia Padma. Jadi, ini hasil inokulasi biji Rafflesia Arnoldii ke dalam tumbuhan inangnya yang berasal dari bukan lokal," jelasnya.

Inangnya sendiri didapatkan dengan pertukaran biji dengan salah satu KR Amerika. Dari catatan inangnya tersebut sudah ada di KRB sejak tahun 1952 berupa biji.

Menurutnya, mekarnya bunga Rafflesia Arnoldii R.Br ini hanya ada 3-4 hari saja. Setelah itu, bunga yang diketahui sebagai betina ini akan membusuk seiring dengan waktunya.

"Kalau mekarnya belum sempurna masih 70-80 persen. Tapi, mungkin karakternya agak berbeda di habitatnya. Kalau dihabitatnya itu bisa tumbuh satu meter. Sekarang sudah jarang tumbuh yang ukuran satu meter. Usianya pun hanya 3-4 hari," ungkapnya.

Related News