• 6 October 2022

Berpetualang Bersama Isuzu Traga dan Sahabat Tani

Isuzu Traga sebagai mobil komersial sangat cocok digunakan para petani dalam membawa bibit hingga hasil panen. Mobil pick up berkapasitas besar dalam mengangkut produk pertanian, telah diperkenalkan secara 'world premier' pada 2018 lalu. Berbagai keunggulan ditawarkan pada Isuzu Traga membuat tim Jagadtani penasaran dalam mengujinya.

Dengan telah mengadopsi teknologi mesin Common Rail 4 silinder berkode 4JA1-CR yang dilengkapi VGT Turbo Intercooler, Exhaust Gas Recirculation (EGR) dan Diesel Oxidation Catalyst (DOC), sehingga Isuzu Traga dapat menghasilkan emisi gas buang berstandar EURO4. Tentu makin membuat kami penasaran menguji kemampuan mesin berkapasitas 2.500cc ini.

Kesempatan yang diberikan oleh PT Isuzu Astra Motor Indonesia dimanfaatkan dengan menguji para Sahabat Tani di daerah Parung, Bogor - Jawa Barat. Sahabat Tani yang kami tuju merupakan petani ikan hias dan ikan konsumsi.

Kondisi jalan di daerah Parung dengan perpaduan jalan aspal, beton, tanah merah hingga makadam memberikan tantangan tersendiri bagi Isuzu Traga. Terlebih kontur jalan menuju lokasi kolam ikan yang bergelombang mengharuskan Isuzu Traga dapat melakukan manuver dengan sempurna.

Tentu dalam melakukan manuver, Isuzu Traga sangat mumpuni dengan radius putar 4,5 meter. Jalanan kecil di tengah perdesaan untuk menuju lokasi yang terpelosok bukan kendala besar bagi mobil model kargo yang kami gunakan. Apalagi Isuzu Traga dengan dimensi panjang 4.520mm dengan lebar 1.750mm dan tinggi 1.985mm memiliki ground clearance mencapai 200mm.

Hasilnya, tim Jagadtani dengan mudah dapat menuju lokasi Sahabat Tani di pelosok desa sebagai area peternakan mereka. Isuzu Traga hadir dengan pilihan model Traga pick-up FD dan Traga Box. Untuk kali ini kami mendapatkan untuk menguji model Traga pick up FD yang memiliki kargo seluas 2,8 meter x 1,6 meter. Ukuran kargo terluas di kelas mobil komersial.

Untuk membuktikan daya tampung Isuzu Traga, tim Jagadtani menggunakan dua model berbeda. Model pertama menggunakan kantong air untuk membawa ikan hias dan drum plastik bagi ikan konsumsi jenis lele. Kapasitasnya membuat Sahabat Tani dan tim Jagadtani sangat kagum. Sebagai perbandingan, mobil pick up standar hanya dapat menampung 6 drum plastik. Sedangkan Isuzu Traga pick up FD dapat menampung hingga sembilan drum. Hal ini kami dapatkan informasi dari petani yang kami kunjungi.

Dengan kondisi hasil panen yang memiliki bobot lebih satu ton, Isuzu Traga dapat dengan mudah menuju ke pasar ikan hias Parung dan juga ke tempat pengepul ikan konsumsi. Mobilitas melalui jalanan rusak bukan kendala, tentunya berkat perpaduan suspensi double wishbone dengan coil spring pada bagian depan dan multi leaf spring untuk suspensi belakang.

Dan dipastikan, Sahabat Tani yang menggunakan Isuzu Traga dapat merasakan kenyamanan dan keamanan. Isuzu Traga Pickup maupun tipe Box telah dilengkapi audio bluetooth agar sahabat tani dapat merasakan kenyamanan selama mengemudi. Sedangkan demi keamanan telah terdapat APAR (Alat Pemadam Api Ringan),serta tersedia retractable seatbelt yang bisa menyesuaikan bentuk tubuh pengemudi demi kenyamanan dan keamanan.

Bagaimana, Sahabat Tani tertarik untuk menggunakan Isuzu Traga?

Related News