• 20 April 2024

Mengenal Tanaman untuk Relaksasi

JAGADTANI - Banyak jenis tanaman diketahui tidak hanya punya tampilan memesona, tetapi mengandung aromaterapi yang berguna untuk membantu relaksasi pada tubuh. Tanaman-tanaman dari jenis itu dapat ditemui di Sensory Garden SEAMEO Biotrop.

Selamet Widodo, Head Section EPG SEAMEO Biotrop menjelaskan, Sensory Garden memiliki konsep sebuah taman dengan tanaman-tanaman yang bisa mengoptimalkan seluruh panca indra manusia. Seperti mata, hidung, telinga dan mulut.

"Jadi ketika kita masuk ke sistem atau taman itu (Sensory Garden) bisa mengoptimalkan seluruh panca indera sebagai sarana untuk relaksasi, di samping keberadaan tanam ini untuk pendidikan," kata Widodo, Jumat (7/10).

Di Sensory Garden saat ini memiliki 70 jenis tanaman aromaterapi yang terdiri dari golongan tanaman bunga, tanaman buah maupun tanaman langka. Antara lain, tea tree, eucalyptus, rosemari, kayu putih, kasturi dan ciplukan.

"Seperti eucalyptus ketika disentuh akan mengeluarkan aroma yang segar, kemudian ada tanaman yang bisa langsung dimakan, dan beberapa tanaman warna warni yang menimbulkan efek healing," imbuhnya.

Untuk mempermudah dalam mengakses sejumlah informasi tanaman-tanaman tersebut, terang Widodo, pihaknya juga telah memasang label tanaman dengan menggunakan teknologi QR code.

Pihaknya berharap keberadaan Sensory Garden yang menjadi bagian program Agroekoeduwisata ini sebagai bentuk pengembangan keanekaragaman hayati di SEAMEO Biotrop. "Mudah-mudahan ini akan menjadi salah satu bagian dari spesies 'Save Biodiversity'," pungkasnya.

Related News