• 9 May 2024

Menyulap Lahan Kosong jadi Kebun Buah

uploads/news/2022/10/menyulap-lahan-kosong-jadi-579366714bcef56.jpg

JAGADTANI - Bogor Hejo, komunitas pengiat lingkungan di Kota Bogor mengubah lahan tidur menjadi lahan produktif. Kini di lahan itu ditanami berbagai tanaman frutikultura yang dapat menghasilkan buah-buahan.

Kebun buah di lahan sepanjang kurang lebih 10 meter dengan lebar 1,5 meter ini berada di pinggir Jalan Sukamulya, Kelurahan Sukasari, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat.

Ketua Bogor Hejo, Amalia Dian Puspitasari mengatakan, penanaman pohon dilakukan Bogor Hejo sudah menjadi rutinitas setiap pekan di sejumlah wilayah Kota Bogor. Di kesempatan ini, penanaman pohon dilakukan di area pemukiman padat penduduk di wilayah Kelurahan Sukasari.

Hal tersebut, dikatakan Amel sapaan akrabnya, tentunya menjadi tantangan bagi Bogor Hejo untuk menghijaukan kawasan tersebut dengan memanfaatkan lahan yang tak terpakai menjadi produktif.

"Di kawasan Sukamulya, Kelurahan Sukasari ini wilayahnya padat penduduk, tapi kami mencari peluang di mana ada lahan yang bisa ditanami, sehingga lahan tersebut menjadi hijau dan cantik untuk dilihat," tuturnya usai penanaman pohon, Jumat (7/10).

Ia juga mengatakan, penanaman tanaman buah kali ini lebih banyak dari sebelumnya. Ada tujuh tanaman buah yang ditanam di lahan itu, di antaranya pohon sirsak, jeruk dan jambu, sesuai dengan permintaan warga.

"Penanaman di sini berbeda dari biasanya, biasanya kami tanam lima pohon sekarang kami menanam tujuh pohon, karena posisi lahannya cukup bagus. Dan sebagian pohon yang ditanam sudah ada yang berbuah," kata Amel.

Kegiatan itu diikuti juga oleh organisasi lain, seperti Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Kota Bogor, Citrus Departement Store, aparatur Kecamatan Bogor Timur dan Kelurahan Sukasari, petugas Bendung Katulampa serta masyarakat setempat.

Amel menjelaskan, penanaman ini berkelanjutan sehingga diharapkan pengurus wilayah setempat bisa turut memonitor untuk pemeliharaan tanamannya. Bahkan, dirinya meminta jika butuh akan pupuk untuk segera berkomunikasi dengan Bogor Hejo.

"Iya, kami juga beri pemahaman kepada warga di sini untuk sama-sama merawat dan menjaganya. Sebab banyak manfaat dari pohon, untuk mencegah banjir, erosi dan juga menghasilkan oksigen. Buahnya nanti bisa untuk warga," tandasnya.

Selain penanaman pohon, Bogor Hejo juga menggelar kegiatan sosial Jumat Berkah dengan membagikan nasi kotak dan sembako bagi warga yang kurang mampu.

Related News