• 28 February 2024

Ayam Kaki Gajah Bercita Rasa Tinggi

Bagi Sebagian orang, tampilannya menggelikan atau justru cenderung dianggap menyeramkan. Namun, Ayam dengan karakter kaki berukuran raksasa seperti gajah menjadi sumber protein yang lezat di Vietnam.

 

Di Indonesia, mungkin belum banyak yang mengetahui keberadaan ayam kaki gajah atau disebut ayam Dong Tao. Bagi sebagian orang, ayam Dong Tao lebih dijadikan untuk tambahan koleksi ayam hias. Namun di negeri asalnya Vietnam, Ayam yang lebih akrab disebut ayam kaki gajah menjadi makanan yang lezat dengan harga cukup tinggi.

Namun di Vietnam, ayam kaki gajah disebut ayam Dong Tao atau ayam naga (Dragon Chicken). Sementara nama Dong Tao menyesuaikan nama desa – distrik Khoai Chau di Vietnam. Ayam Dong Tao biasanya baru dikonsumsi Ketika telah berusia di atas delapan tahun dengan bobot mencapai lebih dari lima kilogram.

Untuk harga, Ayam kaki gajah di Indonesia ditawarkan berkisar Rp900ribuan per pasang untuk usia 1,5 bulan. Walau demikian, ayam kaki gajah yang masuk dalam kategori ayam hias juga tergolong dalam ayam ras langka sehingga kisaran harga menyesuaikan tawar-menawar antara kedua belah pihak.

Terlebih produktivitas ayam Dong Tao cukup sulit, bukan karena tidak dapat bertelur. Tetapi indukan lebih sering menginjak telur yang baru dikeluarkan. Dan biasanya, untuk para pembudidaya ayam kaki gajah lebih memilih untuk mengunakan mesin penetas atau inkubator agar memaksimalkan hasil.

Bagaimana Sahabat Tani ingin mencicipi rasa daging ayam Dong Tao atau hanya sekedar memelihara?

 

Related News