• 2 May 2024

Bantuan Alsintan Tingkatkan Hasil Produksi Pertanian 

Jagadtani - Belasan kelompok tani, gabungan kelompok tani, dan ternak di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah mendapatkan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) dan ternak senilai total Rp4,5 miliar yang bersumber dari APBD dan APBN. 

Bantuan tersebut antara lain traktor roda empat, traktor roda dua, cultivator, pompa air, combine, power thresher, UPPO, kendaraan roda tiga, ternak kambing, dan ternak ayam.

Secara simbolis penyaluran bantuan diserahkan oleh Bupati Klaten Sri Mulyani di halaman kantor Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Klaten, Rabu (19/10/2022). Bantuan diserahkan bupati kepada perwakilan 13 kelompok tani dan ternak asal Klaten.

"Bantuan ini guna mendukung percepatan pengolahan tanah dan peningkatan hasil produksi pertanian di Kabupaten Klaten. Hal ini mengingat Klaten merupakan salah satu lumbung beras nasional," ujar Sri Mulyani.

Sri Mulyani mengatakan, Klaten merupakan salah satu lumbung beras nasional. Sehingga secara terus menerus dan konsisten harus menjaga produktivitas guna menyangga stok pangan nasional.

"Saya berpesan kepada kelompok tani agar alat-alat ini dipelihara dimanfaatkan dengan baik. Sama-sama kita mempertahankan Klaten sebagai lumbung beras di tingkat provinsi atau pun nasional," ujarnya.

Sri Mulyani berpesan agar penerima bantuan alsintan merawat dan memanfaatkannya dengan baik. Begitu juga dengan mereka yang menerima bantuan ternak untuk mengembangkan dan tidak menjualnya. 

Sementara itu, salah satu penerima bantuan asal Kelompok Tani Jujur Desa Demak Ijo, Hartono, mengatakan, kelompoknya mendapatkan bantuan berupa dua unit traktor roda empat. Ia pun berterima kasih atas kepedulian pemerintah terhadap petani.

"Sangat berguna sekali bagi masyarakat Demak Ijo dan sekitarnya untuk kemajuan petani untuk perekonomian lebih maju lagi," ujarnya.

Related News