• 6 December 2022

Tak Mubazir, Labu ‘Halloween’ Untuk SkinCare

uploads/news/2022/10/tak-mubazir-labu-halloween--346056e4e69dc8d.jpg

'Dengan beragam nutrisi yang terkandung, labu kuning memiliki segudang manfaat, salah satunya dapat dijadikan masker wajah. Bahannya berasal dari kulit buah yang dicampur dengan bahan alami lainnya. Skincare alami yang murah'.

 

Berawal dari perayaan yang dilakukan di Inggris kuno, Perancis Utara dan Irlandia, Festival Celtic Samhain merupakan penanda akhir musim panas. Pada masa itu, belum menggunakan labu kuning yang diukir sedemikian rupa sebagai simbol wajah seram bernama Jack O’Latern. Mereka masih menggunakan lobak. Sebuah mitos yang bertujuan untuk menakuti Jack agar tidak mendatangi rumah masyarakat.

Seiring banyaknya orang Irlandia yang hijrah ke Amerika, untuk mempertahankan tradisi dari symbol Jack O’Latern akhirnya buah labu lebih dipilih karena populasi tanaman ini banyak di negeri paman Sam. Jadi dapat dipastikan, buah labu yang tersedia di Indonesia berasal dari Amerika Serikat. 

Dengan nama ilmiah Cucurbita moschata, tanaman yang tumbuh subur di Amerika Serikat ini muai menyebar ke Asia, termasuk Indonesia. Berbeda dengan di negara asalnya, di Indonesia Labu kuning lebih banyak digunakan sebagai bahan makanan. Cara budidaya yang cukup mudah, tidak salah untuk mengandalkan sebagai sumber pangan.

Produktifitas labu kuning atau kerap di sebut Waluh memang cukup berpotensi sebagai komoditi andalan, panen untuk satu hektar dapat mencapai 30-40 ton. Suatu bisnis yang cukup menjanjikan bagi Sahabat Tani.

Selain daging dari labu kuning yang dapat diolah, biji nya juga dijadikan kuaci dengan nilai gizi tinggi. Untuk urusan nilai gizi dari labu kuning seberat 250 gram terdapat kandungan 50 kalori, protein (2gram), karbohidrat (12-15gram), lemak (0,1gram), serat (2,5gram), Vitamin (C, A, K, B) Kalsium, magnesium, zinc, zat besi dan beragam antioksidan.

Untuk khasiat dari labu kuning terdiri dari melancarkan sistem pencernaan, mencegah kanker, kekebalan tubuh (imun), menjaga Kesehatan tulang, meredakan stress, menurunkan resiko hipertensi, kesehatan nafas, mencegah diabetes hingga menjaga kesehatan kulit.

Tentunya seluruh kandungan nutrisi dapat berefek yang baik untuk dikonsumsi oleh seluruh usia, termasuk ibu hamil.

Sementara kulit Labu kuning juga dapat digunakan sebagai masker wajah. Caranya dengan menghaluskan kulit labu yang kemudian dicampur madu, susu dan putih telur. Skincare alami yang dapat membuat wajah Sahabat Tani menjadi glowing.

 

Related News