• 6 December 2022

Gagah Plus Menggemaskan Kelinci German Giant

Lucu dan menggemaskan, kelinci yang memiliki bulu halus dan telinga yang panjang. Hewan ini bisa menjadi salah satu pilihan hewan peliharaan bagi Sahabat Tani, selain kucing, dan anjing. Bulunya yang lebat, halus, serta berjalan dengan cara melompat menjadi daya tarik sendiri dari hewan tersebut. Kelinci juga termasuk hewan yang friendly dengan manusia, bahkan disukai juga oleh anak-anak. 

Beragam jenis kelinci mulai dari yang bertubuh kecil bulu lebat, hingga yang berukuran raksasa pada kelinci. Kelinci asal Eropa ini memiliki daya tarik yang besar bagi masyarakat dan berhasil di breeding di Indonesia.


Asep Yana, peternak kelinci hias yang berhasil membreedingkan kelinci Greman Giant di Rabbit Brader yang berlokasi di Jalan baru adjak, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

“Berawal dari hobi kelinci, mulai dari tahun 2007 beternak kelinci lokal, kelinci hias saja. Seiring berjalannya waktu permintaan semakin banyak, lalu kepikiran untuk punya ras yang besar-besar seperti Premis Giant, German Giant. Selain permintaan dan peminatnya banyak dimata saya sendiri kelinci ini ada kelebihannya tersendiri.” Ucap Asep saat diwawancari melalui telepon.


Asep tertarik dengan kelinci German Giant karena wajah dari kelinci tersebut terlihat gagah dan badannya yang berukuran besar mencapai 9 kilogram bahkan bisa mencapai 12 kilogram di negaranya.

Asep mengungkapkan perawatannya pun sama seperti jenis kelinci biasanya, yang terpenting pola pemberian pakan yang teratur dan kebersiihan kandang harus terjaga. “karena ukurannya yang besar, porsi makan yang dibutuhkan juga cukup banyak. Tapi tidak boleh asal memberikan pakannya, harus diatur kalau di kita biasanya jadwal kasih pakan itu pagi dan sore hari aja supaya tidak terjadi penyakit pada pencernaannya, karena kalau berlebihan bisa menyebabkan penyakit, dan juga untuk perawatan german giant itu paling utama kebersihan kandangnya, tidak boleh kotor biar tidak ada bakteri di kandangnya dan kelinci selalu sehat.” Ungkap Asep

Untuk harga kelinci German Giant ini cukup relatif tinggi dibandrol mulai dari 3.500.000 sampai 5.000.000 perekornya. 
Asep juga membagikan tips bagi yang ingin merawat kelinci German Giant ini, berikut tipsnya

"Tipsnya yang pertama mempersiapkan kandang yang sesuai, untuk German Giant ini membutuhkan kandang berukuran 1 meter x 90cm x 60 cm, yang kedua pola pakannya dari mulai anakan harus kita berikan secara teratur makanannya, biasanya di kita sehari itu 150gram sampai 200gram perharinya, pagi dan sore hari. Jadi misalnya pagi di kasih 75gram sorenya 75gram juga. Supaya pencernaannya itu lancar, karena kelinci rawan sekali terserang penyakit pada pencernaan karena pemberian pakannya yang tidak teratur. Setelah itu jangan lupa dikasih tambahan suplemen atau obat-obatan supaya pertumbuhannya semakin bagus." Tutup Asep 

Related News