• 26 April 2024

Singkong 'Raksasa' Gatotkaca Mudah Dibudidayakan 

Jagadtani - Ketela pohon atau singkong merupakan kelompok umbi-umbian yang mengandung banyak karbohidrat. Tanaman ini mudah dijumpai di berbagai daerah. Pada umumnya singkong memiliki bobot sekitar lima belas kilogram. 

 

Namun ada juga singkong yang berukuran besar mencapai 42 kilogram seperti yang dibudidayakan Ngatno Sutatno (75), petani asal Desa Ngemplak, Kecamatan Kalikotes, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. 

 

"Ini yang saya panen adalah ketela jenis Gatotkaca dengan ukuran lingkar rata-rata 60 centimeter dan berat sekitar 42 kilogram, cukup besar," ujar Sutatno, Jumat (4/11/2022).

 

Singkong raksasa itu dibudidayakan Sutatno setahun lalu dengan memanfaatkan pekarangan rumah. Dari beberapa tanaman singkong, baru satu yang sudah dipanen.

 

"Hanya ada beberapa pohon singkong saja yang kami tanam, tapi semua jenisnya Gatotkaca. Panen perdana kemarin cuma satu pohon saja, awalnya kaget lihat singkongnya sangat besar," ujarnya.

 

Sutatno menambahkan, singkong jenis Gatotkaca merupakan singkong asli di wilayahnya dan sudah turun temurun. Singkong tersebut memiliki cita rasa yang pulen dan gurih.

 

"Hasil panen singkong ini tidak dijual, tapi dikonsumsi sendiri dan dibagikan ke tetangga. Rasanya tidak kalah dengan singkong biasa. Singkong Gatotkaca rasanya cemethut atau pulen, gurih," ujarnya.

 

Menurut Sutatno, merawat tanaman singkong jenis Gatotkaca sangat mudah. Ia menanam singkong ini dengan menggunakan tanah ladu dan pupuk kompos.

 

"Tanaman singkong mudah tumbuh. Kalau yang saya tanam ini pakai tanah urug ladu yang membawa pupuk dengan sendirinya," imbuhnya.

Related News