• 6 December 2022

Baqoroh Farm, Berkonsentrasi sebagai Penghasil Susu

Sebelumnya sapi di Baqoroh Farm dapat menghasilkan susu murni hingga lebih dari 80 liter/hari. Tetapi saat ini berkurang karena sapi perah sedang mengandung demi re-generasi sapi - sapi tersebut.

 

Jagadtani - Berada di daerah kota Bekasi, Baqoroh Farm berkonsentrasi menghasilkan susu sapi murni berkualitas tinggi. Peternak sapi milik KH Drs Yusuf Abdul Rojak, terdapat 11 ekor sapi indukan dengan anakan mencapai 10 ekor sapi. Baqoroh farm telah berdiri sejak 2012 lalu dengan lokasi tepatnya di daerah Mustika Jaya, Bekasi Timur.

Dari 11 ekor sapi, Baqoroh Farm dapat menghasilkan susu murni berkualitas sebanyak lebih dari 80 liter per harinya. Sistem pemerahan sapi dilakukan setiap pagi dan sore hari. Saat tim Jagadtani mengunjungi peternakan tersebut, terlihat beberapa sapi sedang mengandung dan ada yang baru satu bulan melahirkan. 

Hal ini, membuat produksi susu sapi murni dari peternakan milik KH Drs Yusuf Abdul Rojak mengalami penurunan. Namun dibalik penurunan jumlah produksi susu, peternakan ini bertujuan untuk mendapatkan indukan yang berkualitas seperti indukan yang telah ada. Khusus untuk susu, 

Untuk mendapatkan anakan sapi yang berkualitas, dilakukan sistem kawin suntik atau Inseminasi buatan. Kawin silang dengan jenis berbeda pun dilakukan, seperti Sapi ras Metal disilangkan dengan sapi ras Limosin. Kemudian hasilnya kembali dijadikan indukan dan disilangkan dengan sapi ras Belgian Blue.

Hasilnya anak sapi yang ada di Baqoroh Farm memang terlihat besar, walau masih berusia sekitar dua bulanan. Dan untuk perawatan seluruh sapi dilakukan oleh keeper yang dibantu oleh santri dari yayasan milik KH Drs Yusuf Abdul Rojak.

Sementara demi menjaga kesehatan seluruh sapi, pemberian vaksin dilakukan setiap bulannya. "Untuk vaksin, setiap bulan dilakukan penyuntikan agar menjaga kesehatan seluruh sapi di sini. Ada ahli yang khusus menangani vaksin pada sapi - sapi ini," ungkap Latif salah satu santri yang membantu perawatan di Baqoroh Farm.

Selain berternak sapi, Baqoroh Farm juga terdapat berbagai jenis kambing. Kambing yang terdapat pada peternakan ini, mulai dari jenis domba hingga kambing jenis Jawa Randu. Khusus untuk jenis Jawa Randu merupakan kambing yang disiapkan sebagai kambing pemghasil susu. Memang kambing hasil silangan Kambing Etawa dan kambing Kacang dapat menghasilkan daging super dan susu sebanyak 1,5 liter per harinya.

Baqoroh Farm juga menyediakan hewan kurban, termasuk sapi dan kambing.

Related News