• 24 April 2024

Hasil Perikanan Parimo Capai 68Ribu Ton/ Tahun

uploads/news/2022/11/hasil-perikanan-parimo-capai-69316f73d1e518e.jpeg

Jagadtani - Sekretaris Daerah (Sekda) Parimo, Zulfinasran Achmad, mengungkapkan, Parimo memiliki hasil kelautan dan perikanan mencapai 68 ribu ton per tahun. Parimo atau Parigi Moutong merupakan daerah yang masuk dalam wilayah Sulawesi Tengah dengan pantai timur dan Teluk Tomini.

 

Dengan daerah perikanan yang ada membuat poduksi perikanan Parimo, per 2021 mencapai 19.000 ton yang terdiri dari ikan palagis kecil dan besar hingga ikan karang.

 

Meski begitu, baru kurang lebih 20 ribu ton per tahun yang mampu diolah.

 

"Sementara potensi perikanan budidaya air payau memiliki luas kurang lebih 10.585 hektar, dengan luas terkelola baru mencapai 5.603 hektar," sebutnya.

 

Produksi per tahun ini jelas dia, terdiri dari udang kurang lebih 5.238.710 Kg, ikan bandeng 3.042.519 Kg, dan rumput laut 500 ribu Kg.

 

"Dengan potensi yang kami miliki tersebut, Pemda Parimo telah melakukan kerja sama dengan sejumlah wilayah di Sulawesi untuk peningkatan sumber daya manusia yang masih terbatas, khususnya pengelolaan perikanan," jelasnya.

 

Saat ini kata dia, pengelolaan perikanan di Parimo masih dilakukan dengan cara tradisional, karena terbatasnya sarana dan prasarana serta modal usaha.

 

Dia mengungkapkan, kebijakan daerah saat ini cukup membantu. Salah satunya terobosan Gubernur Sulawesi Tengah yang memberikan kemudahan mendapatkan modal usaha.

 

"Sementara kebijakan Pemda Parimo sendiri, dalam mendukung ketahanan pangan nasional telah mengoptimalkan peran pengelolaan pembudidayaan pengolahan tangkap, dan memberikan bantuan sarana serta prasarana perikanan," pungkasnya.

Related News