• 15 April 2024

Festival Danau Sentarum - Ajang Pagelaran Budaya

uploads/news/2022/12/festival-danau-sentarum--31263d9a1c4ad43.jpg

Festival Danau Sentarum (FDS) 2022 telah rampung digelar oleh Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum) pada 1 - 4 Desember. Ajang tahunan yang masuk dalam agenda wisata nasional menampilkan beberapa atraksi budaya dan wisata.

Berbagai kegiatan dalam Festival Danau Sentarum 2022 meliputi Festival Minum Madu, Danau Sentarum Cruise, Lomba Perahu Bidar, Lomba Sumpit, Lomba Pangkak Gasing, Karnaval Budaya, Expo Produk Masyarakat, Sepeda Gowes, dan Pentas Seni serta Hiburan Rakyat.

Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan, S.H. mengemukakan “Kegiatan yang masuk dalam agenda pariwisata nasional ini bertujuan untuk memperkenalkan budaya kita ke tingkat nasional maupun internasional serta menumbuhkan geliat ekonomi masyarakat, kita tahu bahwa kegiatan ini akan dihadiri oleh tamu sahabat dan saudara kita dari Malaysia dan tamu dari kabupaten yang ada di Kalimantan Barat dan provinsi lainnya, maka buatlah kesan yang baik kepada tamu kita”.

FDS Tahun 2022 terlaksana atas kolaborasi Pemda Kapuas Hulu, Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (Tana Bentarum), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, LSM dan NGO yang ada di Kapuas Hulu. Berkolaborasi dalam mensukseskan kegiatan dimaksud untuk memberikan dampak nyata dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, seperti kegiatan pameran produk-produk masyarakat dan pasar malam.

“Stand-stand pameran yang berada di lokasi FDS menampilkan beragam produk seperti madu, kerajinan tangan, berbagai olahan makanan, jasa perbankan, jasa konsultasi kesehatan bahkan ada pembuatan tato, dan produk lainnya hasil dari dampingan instansi  terkait, hal ini saya harapkan bisa meramaikan kegiatan FDS dan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat” ujar Ismunadi, Panitia FDS Tahun 2022.

Kepala Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum Wahju Rudianto S.Pi, M.Si menyampaikan “Kami turut memeriahkan kegiatan FDS tahun 2022 melalui kegiatan Lomba Perahu Bidar dan Danau Sentarum Cruise dimana kedua kegiatan tersebut dilaksanakan di dalam Kawasan Taman Nasional Danau Sentarum, dengan maksud untuk mempromosikan objek wisata Taman Nasional Danau Sentarum yang berada di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu”.

Related News