• 31 January 2023

Langkah Mudah Menyiapkan Ikan Channa Kontes

Perkembangan ikan Channa memang semakin diminati, sebagai ikan predator yang eksotis membuat banyaknya kompetisi atau kontes bermunculan. Para penghobi ikan Channa pun semakin berlomba dalam menyiapkan hingga meningkatkan kualitasnya. Banyak langkah yang harus disiapkan oleh mereka yang baru memulai memelihara ikan Channa, berikut tips menyiapkan ikan yang sebelumnya dikenal sebagai ikan gabus ini.

Dari informasi yang dirangkum tim Jagadtani dari Deka Fandoyo – pemilik Idefish Jakarta sebagai salah satu penyedia berbagai jenis ikan Channna di daerah Jakarta Timur ini. Berbagai hal yang disampaikan Deka dalam menyiapkan ikan Channa sebelum mengikuti kontes ikan hias.

Ide Fish Jakarta - Langkah Mudah Menyiapkan Ikan Channa Kontes"Ide Fish Jakarta - Langkah Mudah Menyiapkan Ikan Channa Kontes"
 

Kesabaran kunci Ikan Channna

Namun untuk dapat mengikuti kontes ikan Channa, banyak hal yang harus disiapkan. Mulai dari dari mencari ikan yang diprediksi memiliki sesuai penilaian oleh juri. Biasanya banyak pemula yang memulai dengan mencari ikan melalui ‘cendolan’ atau ombyokan (untuk burung). Ikan yang dipilih biasanya masih berukuran di bawah 7 cm, memang butuh kecermatan dalam mendapatkan ikan channa yang prospek.”

Langkah mencari ikan channa di ‘cendolan’ sangat menguntungkan karena harga yang cenderung lebih murah. Setelah mendapatkan ikan channa sesuai pilihan, membutuhkan kesabaran dalam perawatan hingga dua – tiga bulan.

Air Bagian Terpenting bagi Channna

“Air bagian terpenting bagi ikan karena setiap ikan channa memiliki perbedaan yang menyesuaikan kondisi di asalnya. Perbedaan Ph juga harus disesuaikan, jika air kurang bagus maka progress ikan Channa kurang baik.”

Memang ada yang mengunakan daun Ketapang, di jemur atau lainnya. Dan setiap orang pemelihara ikan channa mempunyai cara tersendiri. Tujuannya untuk meningkatkan atau mengeluarkan bunga sebagai penilaian pada kontes ikan channa.

Ide Fish Jakarta - Langkah Mudah Menyiapkan Ikan Channa Kontes"Ide Fish Jakarta - Langkah Mudah Menyiapkan Ikan Channa Kontes"
 

Pakan Penentu Ikan Channa

Dalam peningkatan warna pada ikan Channa, pakan dapat menjadi solusinya. “Untuk pakan, kita harus melihat warna dari cabung maupun bunga pada ikan Channa. Dan kita harus pastikan warna apa yang ingin ditingkatkan, sebagai contoh bila ingin naikin warna merah maka dapat memberikan pakan udang. Sementara yang ingin meningkatkan warna hitam bisa memberikan pakan berupa jangkrik atau pelet dengan kandungan cumi.”

Untuk pelet, sebenarnya banyak yang tersedia dipasaran. Berbagai merek menawarkan beragam kelebihan untuk memenuhi kebutuhan ikan channa. Namun kita harus menentukan kebutuhan yang sesuai dalam progress ikan Channa.

Bagaimana Sahabat Tani, sudah mulai mendapatkan gambaran untuk merawat ikan Channa?

 

Related News