• 13 May 2024

Mengenal Kantong Semar di KRB

uploads/news/2022/12/mengenal-kantong-semar-di-462775eddfcb24f.jpg

Jagadtani - Kantong semar atau bernama ilmiah Nepenthes spp. merupakan tumbuhan yang termasuk dalam keluarga monotipik yang terdapat di kawasan tropis, salah satunya Indonesia.

 

Kantong semar merupakan genus tumbuhan karnivora, pemakan serangga. Tumbuhan ini memakan mangsanya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi melalui kantong yang menyerupai bentuk labu dengan bagian ujung yang membesar.

 

Pelbagai jenis kantong semar saat ini dapat ditemui di Kebun Raya Bogor (KRB) tepatnya di Taman Nepenthes. Taman ini menyimpan koleksi lebih dari 50 spesies Nepenthes. 

 

"Di sini ada 57 spesies yang berasal dari dataran rendah basah dari seluruh Indonesia," kata Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko, belum lama ini. 

 

Jenis Nepenthes yang dilestarikan di dalam Taman Nepenthes Kebun Raya Bogor, antara lain Nepenthes mirabilis, Nepenthes reinwardtiana, Nepenthes ampullaria, Nepenthes gracilis, Nepenthes x hookeriana, Nepenthes sumatrana, dan Nepenthes rafflesiana.

 

Sementara untuk spesies Nepenthes yang berasal dari dataran tinggi basah, rencananya akan menjadi koleksi yang dimiliki Kebun Raya Cibodas. 

 

"Jadi kita berharap Taman Nepenthes ini bisa menjadi ajang tidak hanya koleksi untuk riset, tapi juga untuk edukasi para generasi muda untuk lebih mengenal kantong semar atau Nepenthes, karena 70 persen koleksinya di dunia itu dari Indonesia. Jadi sudah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk melestarikannya," kata Tri.

 

Tri mengatakan, Nepenthes adalah salah satu tumbuhan yang dilindungi dan banyak spesies yang secara umum tidak boleh diperjualbelikan.

 

Namun dengan koleksi yang ada di Kebun Raya Bogor akan diupayakan perbanyakan, sehingga nanti bisa menjadi komoditas yang juga bisa menggerakkan ekonomi.

 

"Dan kita akan kerjasama dengan KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) untuk memastikan bahwa pelestarian bisa dijaga, tapi juga bisa memberikan dampak ekonomi untuk masyarakat," imbuhnya.

 

Di Tanah Air, tumbuhan ini banyak ditemukan di daerah Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Kalimantan Barat. 

 

Menurut data IUCN Red List, terdapat 27 jenis kantong semar yang terancam punah, empat di antaranya merupakan jenis dengan status konservasi Critically Endengered (CR; kritis) dan empat lainnya berstatus Endengered (EN; terancam).

 

"Jadi ini salah satu bentuk upaya konservasinya, jadi karena yang disimpan di sini koleksi yang asli, spesies asli, meskipun ada beberapa juga dibridal tapi sebagian besar yang alami, penyilangnya," tandasnya.

 

Sementara itu, General Manager Corporate Communication Kebun Raya, Zaenal Arifin menuturkan, dibukanya wahana edukasi rumah kaca Taman Nepenthes ini untuk mengedukasi pengunjung mengenai tumbuhan unik pemakan serangga di Kebun Raya Bogor.

 

"Sebanyak 15 orang atau sesinya membuat para pengunjung lebih nyaman untuk menambah wawasan dan pengetauan dan berswafoto bersama Nepenthes. Tapi kami juga menghimbau kepada para pengunjung untuk tidak memegang tanaman Nepenthes tersebut,” ujarnya.

 

Keanekaragaman Nepenthes di Kebun Raya Bogor sebagai bentuk pelestarian dari adanya konversi lahan. Hal ini menjadikan Nepenthes masuk dalam kategori tumbuhan langka di IUCN Red List dan tumbuhan yang harus dilindungi dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumberdaya Hayati dan Ekosistemnya dan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa.

Related News