• 17 May 2024

Incar Panen Raya, Persawahan Mulai Digarap

Jagadtani - Akhir hingga awal tahun meruoakan waktu yang tepat untuk musim tanam utama dalam menanam padi. Hal ini terlihat selama melintasi jalan tol dari Cikampek hingga Purbolunggo. Hampir semua persawahan sedang digarap demi memulai menanam padi. 

 

Walau sebenarnya, siklus yang biasanya terjadi pada musim tanam padi terbagi dalam tiga periode.  Untuk periode pertama atau disebut musim tanam utama dilakukan sejak bulan November hingga Marer. Periode kedua atau musim tanam gadu dimulai bulan April sampai dengan Juli 

 

Persawahan di salatiga"Persawahan di salatiga"
 

Sedangkan periode ketiga pada tanam padi atau musim tanam kemarau dilakukan oleh Sahabat Tani mulai dari bulan Agustus hingga Oktober. Namun untuk musim tanam ini, sistem irigasi harus dipastikan dalam kondisi yang sesuai kebutuhan persawahan.

 

Musim tanam utama menjadi waktu yang sangat dinantikan oleh para petani karena menghasilkan panen besar atau panen raya. Berbeda dengan musim tanam gadu dan kemarau yang kemungkinan besar hanya menghasilkan panen dengan jumlah lebih sedikit.

 

Dengan mengikuti musim tanam padi, diharapkan dapat mengurangi pemakaian pestisida akibat hama, kekurangan air hingga cuaca buruk. Dan yang terpenting, hasil panen padi membutuhkan sinar Matahari agar dapat melakukan penjemuran. 

 

Tentu diharapkan, keberhasilan para petani dalam memanen padi dapat memenuhi kebutuhan stok beras dan terhindar dari krisis pangan. Semoga saja Indonesia kembali dapat merasakan swasembada beras seperti tahun sebelumnya.

Related News