• 20 April 2024

Kota Bekasi Sentra Telur Burung Puyuh

Berternak burung puyuh petelur memang sangat menguntungkan, terlebih dengan kebutuhan kandang yang tidak terlalu besar dibandingkan ayam petelur. Bahkan nilai eknomisnya tergolong cukup menjanjikan. Hal ini membuat banyak warga di kota Bekasi yang memanfaatkan kebunnya untuk berternak burung puyuh. Hal ini membuat Jawa Barat menjadi salah satu sentra penghasil telur puyuh. 

Tercatat lebih dari puluhan peternak burung puyuh dengan kapasitas ribuan butir telur untuk setiap harinya yang berada di Bekasi (kota maupun kabupaten). Jumlah tersebut belum termasuk usaha kecil ada rumahan yang juga tidak kalah besar hasil telur burung puyuhnya. 

Burung Puyuh Bekasi"Burung Puyuh Bekasi"
 

Hal ini sesuai dengan pantauan tim Jagadtani yang berkunjung ke daerah Mustika Sari - Kota Bekasi, kandang - kandang burung puyuh berukuran kecil hingga besar yang minimal dapat menampung seribu ekor burung puyuh terlihat di beberapa lokasi. Usaha kecil ini memang masih belum dijadikan penghasilan utama, namun tanpa disadari telah menghasilkan banyak keuntungan. 

Padahal, secara tampilan kandang yang digunakan tergolong sederhana. Tetapi yang pasti hasil usaha dalam beternak burung puyuh telah menghasilkan dan ruti berproduksi.

Masa usia produktif burung puyuh untuk menghasilkan telur pada usia 7 - 9 bulan dengan perkiraan hasil mencapai 80%. Burung puyuh yang telah berusia 1 - 1,5 tahun masuk dalam usia yang tidak produktif atau afkir. Biasanya burung puyuh yang telah afkir dapat dijadikan santapan sehingga tidak ada timbul kerugian.

Biasanya para peternak telah menyiapkan bibit untuk menggantikan burung puyuh yang telah afkir. Untuk burung puyuh membutuhkan waktu penetasan mencapai 17 hari dengan mesin penetas. Diperkirakan, 65% telur yang menetas merupakan betina akan dirawat hingga berusia di atas satu bulan. 

Burung Puyuh Bekasi"Burung Puyuh Bekasi"
 

Untuk meningkatkan produksi telur burung puyuh, dapat diberikan pakan campuran kasar dan halus. Pakan dapat berupa konsentrat, dedak halus, jagung giling hingga mineral, namun agar memaksimalkan produksi telur dapat diberikan vitamin menggunakan egg stimulant.

Related News