• 18 April 2024

Masuk Perkebunan, Orangutan Incar Durian Tapanuli

uploads/news/2022/12/masuk-perkebunan-orangutan-incar-55660de63dd137d.jpg

Habitat yang mulai menyempit membuat hewan liar semakin terdesak dalam mencari makanan, terlebih saat musim buah tiba. Hal ini terlihat Orangutan dewasa yang memasuki perkebunan durian milik warga Desa Bulu Mario, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan. Kemunculan Orangutan Tapanuli (Pongo tapanuliensis) merupakan kedua kalinya dan terpantau sedang bertengger sambil memakan durian.

Sebenarnya, Orang Utan Tapanuli ini telah muncul pada 17 Desember 2022 dan telah disampaikan oleh masyarakat setempat kepada petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah V Sipirok, pada Sabtu 17 Desember 2022. Dan kembali terlihat sedang menikmati buah durian Tapanuli.

Menindaklanjuti laporan warga tersebut, petugas Seksi Konservasi Wilayah V Sipirok bersama dengan lembaga mitra kerjasama Yayasan Orangutan Sumatera Lestari – Orangutan Information Center (YOSL-OIC) langsung turun ke lokasi konflik dan menemukan 1 (satu) individu orangutan dewasa, sedang bertengger di pohon sembari memakan durian. Sedangkan sebagian lagi terlihat buah durian yang  terjatuh ke tanah akibat ranting pohon di goyang si orangutan tersebut.

Warga menyatakan kekhawatirannya orangutan akan merusak kebun durian milik mereka, oleh karena itu mohon adanya upaya untuk menghalau agar orangutan keluar dari areal kebun mereka. Petugas pun melakukan upaya mitigasi pengusiran dan penghalauan dengan memukul batang pohon durian dimana orangutan utan bertengger, dan juga menggunakan asap dengan menyalakan api di sekitar pohon. Upaya ini efektif, karena orangutan kemudian pergi meninggalkan lokasi menuju arah hutan di koridor Bulu Mario.

Petugas juga memberikan himbauan serta sosialisasi tentang mitigasi konflik yang dapat dilakukan warga saat menemukan kembali kehadiran orangutan. Juga diingatkan agar tidak melakukan tindakan yang membahayakan orangutan tersebut karena satwa liar ini termasuk jenis dilindungi undang-undang.

Durian asli dari Sumatera memiliki citarasa yang sangat istimewa, bahkan bisa mengalahkan durian versi luar neger. Dilansir dari berbagai sumber mengatakan Durian Tapanuli, tersedia dalam rasa berbeda, yakni durian si Itak yang putih manis seperti susu, durian si jabak berkarakter nikmat memabukkan atau durian si Sere bercitarasa renyah menggoda.

Untuk mendapatkan Durian dari Tapanuli - Sumatera Utara, biasanya saat musim panen akan banyak penjual di pinggir sepanjang jalan Lintas Sumatera. Citarasa yang khas membuat banyak penghobi durian untuk sengaja langsung mendatangi daerah ini, demi berburu Durian Tapanuli. 

Tak salah, jika Orangutan Tapanuli tergiur mencicipi 'king of fruit' ini. 

Related News