• 31 January 2023

Lima Prediksi Ikan Hias Terlaris 2023

Perkembangan ikan hias setelah Pandemi Covid-19 mulai berjalan normal kembali, tak dipungkiri bahwa aktivitas yang dibatasi membuat penjualan hewan meningkat. Banyak memilih ikan hias dijadikan pelarian selama melakoni PPKM, alhasil beberapa jenis ikan hias kembali laris manis dengan harga selangit. Memasuki pembuka tahun 2023, beberapa ikan hias kembali diprediksi masuk dalam 5 jenis ikan hias paling populer.

Ikan hias yang masuk dalam lima besar paling populer, diprediksi pada 2023 adalah

Ikan Channa

Pada awalnya, ikan ini lebih dikenal sebagai ikan gabus yang kerap dikonsumsi. Namun dengan corak dan warna yang menarik, ikan Gabus yang kini dikenal dengan ikan Channa mulai masuk daftar ikan hias. Bahkan ikan Channa yang merupakan ikan predator memiliki harga yang cukup fantastis, berkisar dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

Ikan Channa 2023"Ikan Channa 2023"
 

Ikan Channa juga tidak hanya hadir dari pelosok Indonesia, tetapi juga banyak yang didatangkan dari luar negeri. Pada awalnya memang belum banyak breeder yang berhasil mengembangkan ikan Channa sehingga membuat nilai jualnya cukup tinggi. Namun seiring ketelatenan petani atau peternak ikan hias, akhirnya ikan Channa import mulai relatif stabil harganya. 

Diprediksi, Ikan Channa dengan berbagai jenis akan kembali diminati oleh para penghobi. Terlebih kontes ikan Channa makin banyak digelar berbagai komunitas.

Ikan Koi

Bagi sebagian orang, sebenarnya bukan merawat ikan koi tetapi lebih merawat kualitas air sebagai habitat ikan tersebut. Air yang terawat akan membuat ikan Koi ikut sehat dan dapat tumbuh dengan maksimal, termasuk mengeluarkan warna maupun coraknya. Saat ini ikan Koi hadir dari import (Jepang) dan lokal. Untuk ikan asli dari Jepang dipastikan dapat berukuran besar dan berwarna lebih jelas.

Ikan Koi 2023"Ikan Koi 2023"
 

Tidak menutup kemungkinan, para peternak ikan Koi lokal dapat menyamakan kualitas dengan ikan koi import. Hasilnya tentu dapat meningkatkan harga jualnya, saat ini harga ikan koi dapat mencapai nilai yang tak terhingga. Sesuai dengan kesepakatan antara pembeli dan penjualnya. 

Sebagai catatan, ikan Koi merupakan ikan jenis 'Top View' bukan side view. Corak dan warna ikan Koi dapat dinikmati pada bagian atas tubuhnya, tidak dari samping. Hal ini yang membuat ikan Koi lebih sering ditempatkan di kolam dan bukan di dalam aquarium. 

Ikan Arwana

Sebagai ikan predator, Ikan Arwana seakan tidak akan menghilang dari kasta ikan hias populer. Bahkan memelihara ikan Arwana jenis tertentu akan menimbulkan 'prestige' bagi pemiliknya. Ikan Arwana yang masuk dalam keluarga Osteoglossidae atau disebut ikan purba dibanderol dari harga ratusan ribu hingga tak ternilai. Harga tersebut tergantung dari jenis hingga ukuran tubuh ikan Arwana.

Ikan Arwana 2023"Ikan Arwana 2023"
 

Untuk jenis ikan Arwana, seperti Red Tail Golden, Brasil, Banjar, Black GoldenSuper Red, hingga Cross Back Golden. Dan ikan Arwana kerap dianggap investasi karena semakin besar dengan warna menarik dapat meningkatkan harga.

Dalam perawatan ikan Arwana pun tidak terlalu sulit sehingga banyak penghobi yang memilih ikan predator ini. Namun agar memperpanjang usia pemeliharaan, maka banyak yang memanfaatkan heater karena ikan Arwana menyukai air yang hangat. 

Ikan Cupang

Ikan berwarna cantik ini memang tidak pernah lepas dari incaran penghobi ikan hias. Tak salah, jika ada yang mengatakan 'Ikan Cupang - ikan ganas tapi cantik jelita. Memang warna pada ikan cupang sangat banyak dengan kembangan ekor mapun sirip yang menarik. Berbagai lomba pun kerap digelar sehingga diprediksi akan populer sebagai ikan hias.

Ikan Cupang 2023"Ikan Cupang 2023"
 

Untuk harga, kemungkinan pada tahun 2023 akan kembali berjaya. Walau tidak seperti harga sebelumnya yang dapat mencapai jutaan rupiah. Hal ini karena minat pada ikan Channa masih cukup diminati seiring semakin banyaknya ditemukannya jenis baru dari berbagai daerah maupun negara selain Indonesia.

Keuntungan memelihara ikan Cupang adalah tidak membutuhkannya aerator dan pemberian pakannya juga cukup mudah.

Ikan Mas Koki 

Rasanya ikan mas koki memiliki segmen tersendiri bagi penyuka ikan hias, bentuk yang menarik dengan dipadukan warna-warni memberikan kesan menawan. Ikan Mas Koki terbagi dalam 30 jenis, seperti diantaranya adalah oranda, ranchu, ryukin, demekin, mutiara, celestial. Seluruh jenis tersebut akan terbagi dalam warna red white, calico (tiga warna), kirin (multi color), panda (hitam putih), sakura dan masih banyak lagi.

Ikan Mas Koki 2023"Ikan Mas Koki 2023"
 

Kontes ikan hias Mas Koki juga diprediksi akan kembali naik pada 2023, tentu saja membuat banyak yang masih menggemari memelihara ikan berbadan gembul ini. Untuk harga ikan Mas Koki juga dapat mencapai jutaan rupiah, sesuai kesepakatan kedua-belah pihak.

Bagaimana Sahabat Tani, akan mulai menekuni memelihara ikan hias jenis apa untuk dikembangkan pasarnya? 

 

Related News