• 4 May 2024

Bekasi Gelar Perlombaan Bank Sampah 2023

Menyambut Hari peduli sampah nasional yang diperingati setiap 21 Februari, kota Bekasi mengelar kegiatan penilaian kinerja bank sampah unit (BSU) se Kota Bekasi. Hadiah yang diperebutkan mencapai jutaan rupiah, termasuk piala dan sertifikat.

Adapun penilaian kinerja BSU meliputi empat hal yang terdiri dari pencatatan dan pelaporan (35%), jumlah tonase sampah (25%), jumlah nasabah (20%) dan inovasi (20%).

Lomba Bank Sampah se Kota Bekasi "Lomba Bank Sampah se Kota Bekasi "
 

Untuk peserta wajib merupakan BSU di kota Bekasi dan warga Bekasi. Sedangkan pendaftaran dapat melalui link bit ly/BSUPeduliSampahBekasi .

Lomba ini dibuka sejak 29 Desember 2022 hingga 17 Februari 2023, dengan pengumuman pemenang pada 26 Februari 2023.

Sekilas tentang Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN),

Pertama kali dicanangkan pertama kali oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup untuk mengenang peristiwa di Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat, pada 21 Februari 2005. Peristiwa yang merenggut korban jiwa mencapai 157 jiwa akibat sampah.

Perpaduan tingginya curah hujan, tumpukan sampah membuat ledakan gas metana. Korban jiwa akibat peristiwa tersebut berasal dari dua kampung (Cilimus dan pojok) yang hilang tergulung longsoran sampah dari Tempat Pembuangan Akhir Leuwigajah. 

Related News