• 31 January 2023

Bisnis Menguntungkan Ayam Kampung Hasil Silangan

Ayam kampung merupakan salah satu komoditas terbesar dalam bisnis peternakan. Selain pertanian, peternakan pun juga berpengaruh besar dalam kenaikan perekonomian di Indonesia. Maka dari itu, tak dipungkiri bisnis dibidang peternakan ini sangat diminati di lingkungan masyarakat.

Tidak sedikit juga para pekerja kini beralih membuka bisnis ternak ayam kampung. Karena memang juga banyaknya permintaan daging ayam setiap tahunnya yang semakin meningkat hari demi hari, yang tentunya menjadi faktor bagus pada peternak ayam karena ini merupakan usaha yang menjanjikan.

Bisnis ayam Kampung Silangan 
 

Yudistira pemilik Yudistira Farm Chic mulai menggeluti usaha ayam kampung sejak tahun 2015 yang memang sebelumya sudah memiliki beberapa ekor ayam yang dipeliharanya hingga berfikir untuk memiliki ayam kampung yang siap jual dengan penetasan sendiri.

“Awalnya saya punya ayam untuk dipelihara aja, tapi kemudian ingin punya ayam kampung yang siap untuk dijual di pasar tapi juga memiliki penetasan sendiri. Nah, pertamanya juga tidak berfikir ya diluar logika saya. Karena saya fikir ayam betelur dan menetas dengan dia ngerem tapi ternyata setelah dipelajari ayam ngerem itu justru tidak produktif. Jadinya saya carilah ayam yang tidak ngerem.” ungkapnya saat diwawancari tim Jagadtani

Ia menjelaskan bahwa tidak terbesit difikirannya sama sekali untuk membuat ayam kampung silangan, tapi tuhan lebih tau dan tuhan memberikan jalan itu. Baginya, berbisnis ayam yang memiliki cuan itu ada dua. “Hulu penetasan dan hilir penjualan atau ayam potong, nah kalau peternak ada di tengah-tengah bisa 90% berisiko, sedangkan hulunya pada penetasan bisa menguntungkan karena banyak yang mencari ayam anakan atau DOC dan pada hilir penjualan atau ayam potong pasarnya sudah jelas dan sudah ada.”pungkasnya.

Ayam Kampung Silangan 

Yudistira melakukan persilangan ayam kampung dengan ayam fayumi atau nenek moyangnya ayam arab yang masih memiliki sifat alami ayam kampung yang bisa diketahui dari cara dia tertidur. “untuk mengetahui sifat alaminya dan kondisi ayam sehat atau tidak kita gampang banget tinggal lihat aja cara dia tidur gimana, karena kalau ayam asli itu biasa tidur nangkrinng di pohon atau ranting pohon. Kalau ayam sakit itu biasanya dia tidur di lantai, karena kalau ayam yang sehat itu tidurnya nangkring di pohon.”ucap yudistira

Siapa sangka, dari bisnis ayam kampung silangan ini Yudistira bisa mendapatkan banyak keuntungan dan hal positif yang bisa diambil selama beternak ayam kampung ini. Karena untuk beternak ayam kampung ini harus siap dua hal yang pertama berani menantang risiko, menjadi breeder itu berat, dan yang kedua harus memilih ayam kampung yang bagus dan jelas.

Related News