• 19 April 2024

Dampak Sampah Plastik Pada Lingkungan Hidup

"Sampah plastik menjadi musuh terbesar, bukan hanya sekedar sampah yang paling lama terurai. Tetapi juga berbahaya bagi lingkungan hidup.'

 

Masa urai hingga 100 tahun, sampah plastik musuh utama pada lingkungan. Tidak hanya di daratan, sampah plastik yang dibuang sembarangan dapat terbawa arus air hingga laut lepas. Tentunya sampah plastik sangat berdampak pada lingkungan hidup, khususnya habitat di lautan. 

 

Dua pekerja sedang membersihkan sampah plastik yang terdampar dipantai Kedonganan, Bali."Dua pekerja sedang membersihkan sampah plastik yang terdampar dipantai Kedonganan, Bali."
 

Banyak contoh yang terjadi akibat sampah plastik pada tumbuhan hingga hewan laut. Bahkan terkadang berujung kematian karena tidak sengaja memakan sampah plastik. 

 

Langkah nyata yang dilakukan pemerintah dalam menangani sampah plastik sangat membutuhkan dukungan masyarakat. Demi mengurangi dampak sampah plastik, berbagai langkah dilakukan demi menekan penggunaan plastik. Mulai dari menghilangkan kantong plastik belanja hingga mengunakan kemasan atau pembungkus hasil daur ulang. 

Para pekerja dinas lingkungan hidup DKI Jakarta sedang membersihkan sampah yang ada dipintu air Situ"Para pekerja dinas lingkungan hidup DKI Jakarta sedang membersihkan sampah yang ada dipintu air Situ"
 

Namun yang harus disadari, masyarakat masih banyak yang tidak peduli saat membuang sampah plastik. Padahal, hanya dengan taat membuang sampah sesuai kategori organik dan non organik. Dan sampah plastik masuk kategori sampah non organik. Sampah plastik sangat berpotensi menimbulkan banjir.

Dua pekerja Dinas Lingkungan Hidup Jakarta sedang membersihkan sampah plastik yang tersangkut dibant"Dua pekerja Dinas Lingkungan Hidup Jakarta sedang membersihkan sampah plastik yang tersangkut dibant"
 

Jadi Sahabat Tani wajib mengurangi penggunaan plastik agar tidak berdampak pada lingkungan hidup.

Related News