• 20 April 2024

Makna dan Kandungan Gizi Jeruk Imlek

Tahun Baru Imlek akan segera dirayakan oleh masyarakat Tionghoa pada 22 Januari mendatang, seiring perayaan tersebut membuat permintaan buah-buahan meningkat. Salah satu buah-buahan yang sangat diminati adalah jeruk. Dari beberapa varian jeruk yang sangat wajib dihidangkan adalah Jeruk Mandarin.

Walaupun bernama Jeruk Mandarin, namun ada pendapat yang mengatakan bahwa asalnya pertama kali dikenal pada 1820-an di Australia. Namun karena pertama kali dibawa ke Eropa dari Tiongkok, maka nama 'Mandarin' melekat sesuai penyebutan pada pegawai pemerintah Tionkok pada masa itu.

Kandungan buah Jeruk - Imlek
 
Dilansir dari monash.edu.my, buah jeruk yang menjadi salah satu buah wajib saat perayaan tahun baru Imlek karena kata jeruk saat diucapkan mirip dengan kata 'kekayaan' dalam bahasa mandarin. Dan Jeruk juga kerap menjadi simbol keberuntungan. Sedangkan jeruk berbentuk bulat menggambarkan Matahari memiliki makna kebahagian yang menguntungkan. Dan untuk warna orange, dipercaya menggambarkan emas sehingga berarti keuntungan.

Selain memiliki arti besar pada perayaan tahun baru Imlek, buah jeruk juga memiliki kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Buah jeruk mandarin yang berukuran lebih kecil dari jeruk pada umumnya memiliki kandungan nutrisi dengan segudang manfaat, salah satunya dapat mencegah batu ginjal.

Dilansir dari FoodData Central U.S. Department of Agriculture, kandungan buah jeruk mandarin matang (100gram) terdiri dari air (85,17 gram), Protein (0,81gram), Kalori (53 kkal), Lemak (0,31 gram), Serat (1,8gram), Karbohidart (13,34gram), Kalsium (37mg), Fosfor (20mg), Zat Besi (0,15gram), Seng (0,07zinc), Vit C (26,7mg), Tembaga (0,042 mg) dan berbagai kandungan lainnya.

Untuk manfaat mengkonsumsi jeruk mandarin, dipercaya dapat mencegah pertumbuhan sel kanker berkat adanya senyawa antioksidan (Beta Karoten (155mikrogram & Beta Kriptoxantin 407mikrogram).

Selain itu, Jeruk Mandarin juga bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan kulit, mencegah gangguan percernaan, menurunkan kolesterol, menurungkan tekanan darah tinggi dan mencegah batu ginjal. 

Dengan demikian, jeruk mandarin selain memiliki arti yang sangat baik bagi masyarakat Tionhoa juga bermanfaat sesuai kandungan nutrisinya.

Related News