• 31 January 2023

Sukses Kontes Sapi APPSI, Ini Dia Juara-Juaranya

Kontes Sapi Nasional Asosiasi Peternak dan Pengemuk Sapi Indonesia (APPSI) Bupati Cup Karawang yang diadakan di Farm Induk APPSI Desa wanajaya, Kecamatan Teluk Jambe Barat Karawang, Jawa Barat, pada 21 – 22 Januari 2023 sukses di gelar.

Firmanyah Peternak Sapi Simental dan Limosin dari Lestari Farm, menjadi salah satu peserta APPSI dan membagikan pengalamannya di kontes tersebut. Ia membawa 2 ekor sapi jantan masing masing mengikuti dikelas Poel 1 dan 2.

 
“Saya jadinya bawa 2 ekor sapi saja, karena yang 1 ton itu gak jadi saya bawa. Karena khawatir disana kan sapi yang hadir banyak ya, jadi saya jaga-jaga aja dari pada kenapa-kenapa jadinya saya bawa 2 saja. Dan alhamdulillah saya juga masih gak percaya ya, diluar dugaan saya ini, kita menang di poel 2 pasang mendapatkan harapan 3 dengan ukuran sapi saya 852 kilogram, alhamdulillah” ungkap Firmansyah

Sedangkan juara satu di kelas poel 2 pasang diraih dari setia farm dengan bobot 989 kilogram sapi yang Bernama Condrosimo. Selain itu, berikut nama-nama pemenang di masing-masing kelas kontes APPSI :

Kelas baby juara 1 "Khabib"

Kelas poel 1 pasang " Krakatau " berat 919 Kg

Kelas poel 2 pasang " condrosimo " berat 989 Kg

Kelas poel 3 pasang " denver " berat 1.184 Kg

Kelas PO " kembang lambe " berat 1.026 Kg

Kelas extrem " cipluk " berat 1.288 Kg


Kontes APPSI ini dihadiri oleh Bupati Ibu Cellicia Nurrachadiana serta pejabat pemerintah setempat dan juga dihadiri oleh peternak sapi dari berbagai daerah seperti Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

 
Peternak Sapi Simental dan Limosin ini menuturkan beberapa keuntungan yang diperoleh dari mengikuti Kontes Sapi Nasional APPSI ini, seperti pengalaman, ilmu, dan keluarga baru.

“Yang pastinya dari mengikuti kontes ini itu kita dapatin pengalaman baru, apalagi untuk kita yang masih pemula, gimana cara penanggulangan dan perawatan sapi yang bobotnya 1 ton karena kan itu beda ya perawatannya, terus juga dapat ilmu baru, dan juga pastinya dapat saudara baru jadi nambah banyak kita kenal dengan peternak-peternak lainnya.” Tutup Firmansyah

Related News