• 24 April 2024

Cara Mudah Memilih Rambutan Yang Manis

Jagadtani - Musim buah rambutan sebenarnya telah dimulai sejak bulan November dan biasanya berakhir pada bulan Februari. Namun semua tergantung pada kondisi cuaca, jika musim hujan biasanya akan berpengaruh pada kualitas buah. Bunga pada pohon rambutan membutuhkan waktu sekitar 4 minggu cuaca cerah untuk merangsang pertumbuhan bungan tersebut. Hasilnya buah rambutan bisa tidak sempurna pertumbuhannya dan rasanya kurang nikmat. Padahal rasa rambutan harus manis.

Untuk memudahkan memilih buah rambutan yang manis dapat dilihat pada bagian kulitnya. Pastinya warna kulit rambutan yang memiliki rasa manis tidak selalu merah. Hal ini terbukti pada rambutan jenis Cipelat dan Rapiah yang warna kulitnya hijau kekuningan tetapi lebih manis rasanya. 

Selanjutnya kondisi kulit hingga rambutnya, jika rambut telah kering atau pun layu maka dapat dipastikan buah rambutan tidak segar. Dan biasanya buah tersebut telah dipanen dalam waktu yang cukup lama. Kondisi rambut tersebut juga mengindikasikan bahwa daging buah rambutan terasa kurang segar dan minim kandungan air.

Bagian kulit buah rambutan memang jadi cara mudah memilih rambutan yang manis dan segar. Jika Sahabat Tani mendapati kulit buah rambutan yang tidak utuh maka dapat dipastikan daging kurang segar dan telah lama dipanen. Kulit yang terbuka atau pecah memungkinkan bakteri masuk ke dalam buah rambutan sehingga harus dihindari.

Layaknya pribahasa,'ada gula ada semut' membuat banyak pendapat yang mengatakan semut hitam pada buah rambutan menandakan buah tersebut memiliki rasa manis. Mungkin pendapat tersebut tidak salah tetapi sebenarnya semut yang berkumpul sedang tertarik pada kutu putih yang hingga pada buah rambutan.

Setelah melihat kulit buah rambutan, kini giliran mencicipi daging buah rambutan. Pada umumnya hanya sebagian varietas rambutan yang dagingnya mudah terlepas dari bijinya, seperti Rapiah dan Cipelat. Namun sebenarnya daging buah yang mudah terlepas dari biji buah rambutan sebagai penanda bahwa buah tersebut telah matang. Ingat Sahabat Tani, buah rambutan tidak dapat dimatangkan secara instan jadi harus matang pohon.

Semoga tips ini dapat digunakan Sahabat Tani dalam memilih buah rambutan yang manis.

 

Related News