• 16 June 2024

Berkembangnya Ternak Sapi Binaan BBKSDA Riau

uploads/news/2023/01/berkembangnya-ternak-sapi-binaan-40406ef1ef2d6ac.jpeg

Kelompok Tani Hutan (KTH) Usaha Bersama Desa Sungai Guntung Tengah, Kec. Rengat, Kab. Inhu binaan Balai Besar KSDA Riau diberikan pembinaan peningkatan ekonomi masyarakat dan pengecekan usaha ternak sapi oleh Resort Kerumutan Selatan, Rabu (18/1).

Bersama Kepala Desa (Kades) Sungai Guntung Tengah, petugas berkoordinasi, diskusi dan melakukan kegiatan tersebut di kantor Desa Sungai Guntung Tengah.

Hasil diskusi dan pembinaan disepakati untuk memperkuat kelembagaan dan keaktifan pengurus KTH yang diketahui oleh Kades Sungai Guntung Tengah dilanjutkan dengan pembuatan Berita Acara Pemeliharaan 5 (lima) ekor sapi kepada anggota KTH serta membuat laporan perkembangan dan kondisi ternak sapi setiap bulannya.

Petugas bersama-sama Kades melakukan pengecekan kandang, pakan dan kondisi sapi yang didampingi oleh Ketua KTH. Terpantau kondisi kandang sapi cukup baik dan pakan rumput cukup memenuhi kebutuhan lima ekor sapi yang dipelihara oleh masing-masing anggota KTH serta kondisi sapi cukup sehat dan gemuk. Menurut keterangan Ketua KTH, kelima ekor sapi dikandangkan dan diberi makan rumput siang dan malam harinya.

Petugas mengajak KTH Usaha Bersama tetap semangat menjaga dan memelihara sapi-sapinya agar berhasil meningkatkan perekonomian keluarga sehingga tidak lagi tergantung pada hasil hutan.

Related News