• 24 February 2024

Kontes Ikan Cupang Berskala international di Bogor

"Ratusan ikan cupang dari pelbagai daerah di Tanah Air dan luar negeri turun di arena kontes Bogor Never Dry Betta Battle In Eastern Bogor."

 

Jagadtani - Di dalam tank, para cupang dari pelbagai spesies, bentuk dan warna itu adu elok. Kontes ini digelar di pusat perbelanjaan Boxies Mall, Tajur, Bogor Timur, Kota Bogor.

Penggagas Bogor Never Dry Betta Battle In Eastern Bogor, Ardi Siswanto mengatakan, kontes ini ditujukan untuk menggeliatkan kembali dunia cupang. Sebab, dunia cupang sedang 'naik daun' khususnya di Bogor.

Ikan cupang"Ikan cupang"

"Saya pengen dengan kontes ini bisa meramaikan kembali dunia percupangan. Karena katanya percupangan itu sedang sepi, sementara di dunia perkontesan ikan cupang malah melejit harganya dan penjualannya, terutama di Bogor," kata Ardi, Sabtu (28/1).

Kontes cupang ini diselenggarakan dari 27 sampai 29 Januari 2023 dengan 80 kategori kelas yang diperlombakan. Diantaranya, kelas Halfmoon, DTHM, DTPK, Plakat, Crowntail, Giant, dan sebagainya. 

Kontes international ikan cupang "Kontes international ikan cupang "
 
Peserta kontes sendiri berasal dari daerah Pontianak, Palembang, Makassar, Surabaya, Jakarta, dan Bogor. Sementera dari luar negeri, kontestan dari Vietnam, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Singapura. 

"Totalnya ada 765 ekor ikan cupang yang ikut kontes," kata Ardi.

Ketua Pelaksana Bogor Never Dry Betta Battle in Eastern Bogor, Awaldi Farhan menambahkan, dari 80 kategori kelas seluruhnya telah mewakili bentuk dan warna cupang yang terbagi dalam ukuran reguler maupun junior. 

Sekarang ini, kata Awaldi, tahap yang tengah berlangsung adalah penjurian untuk tiap kelas, dan dilanjutkan dengan placing untuk juara 1, 2, dan 3 tiap kelas. 

"Sedangkan penentuan best of division sore ini. Nah, bagi mereka yang juara akan mendapatkan tropi juga uang tunai," tandasnya. 

Ikan cupang"Ikan cupang"
 
Dalam ajang bergengsi ini , pihaknya juga menggandeng komunitas Forum Cupang Bogor (FCP). "Ini event pertama di tahun 2023 yang diinisiasi secara personal, tapi ini juga bagian dari komunitas FCP," katanya.  

Sementara itu, salah satu juri, Ahmad Rifai menjelaskan, untuk kriteria penilaian dalam kontes cupang, secara umum dari semua kategori kelas meliputi warna, ukuran, kerapian dan juga mental. 

Di kontes ini, tim juri yang dilibatkan berjumlah lima orang. Mereka didatangkan dari Lampung, Tangerang, Bandung, Jakarta, dan Bogor. 

Kontes ikan cupang international di Bogor"Kontes ikan cupang international di Bogor"
 
Lebih jauh, kata Rifai, ajang ini selain untuk lebih memperkenalkan cupang yang dimiliki peserta, juga bisa mendongkrak nilai komersial tinggi dari cupang itu sendiri.

"Kontes ini menjadi sarana promosi agar kita bisa lebih dikenal luas lagi. Apalagi bisa berprestasi itu akan menaikkan harga ikan itu sendiri," katanya.

Related News