• 20 April 2024

IBHA Farms, Sukses Beternak Ayam Hias

"Bisnis alat kesehatan yang awalnya dijalani, akhirnya harus diakhir ketika pandemi COVID-19 menerpa. Sempet berusaha bangkit kembali, ternyata menjadi peternak ayam hias menjadi pilihannya. Ayam hias bisa melepas stres akibat bisnis yang mulai menggeliat."

 

Jagadtani - IBHA Farms, mungkin belum sebesar peternakan ayam hias yang telah lama hadir di Indonesia. Namun, IBHA Farms yang mengadopsi sistem management layaknya perusahaan besar dari racikan Deni Dalwian mulai menunjukan progres positif. "Sistem ini saya buat dan sebenarnya telah diterapkan pada perusahaan lainnya."

IBHA Farms, Sukses Beternak Ayam Hias "IBHA Farms, Sukses Beternak Ayam Hias "

IBHA Farms yang saat ini terbagi dalam dua kandang, memang baru berdiri sekitar empat bulan lalu. Diawali dengan ketertarikan sang buah hati pada ayam, "saat itu, hampir setiap hari minta diajak memberi makan pada ayam di kios ayam potong. Awalnya ingin hanya memelihara ayam kampung, tetapi saya justru membeli ayam Serama."

Pertama kali mendapatkan ayam Serama, Deni Dalwian yang juga hobi dengan segala jenis motor ini langsung mencari informasi tentang memelihara ayam berpostur kecil berdada busung ini.

Ternyata ketertarikan pada ayam hias semakin meningkat dengan membeli ayam hias Brahma. Tidak tanggung - tanggung, 12 ekor ayam Brahma langsung dibelinya. Namun sayang, ilmu memelihara ayam belum sepenuhnya dimiliki sehingga sisa dua ekor. "Memang butuh pemgorban untuk mengetahui cara berternak yang benar. Tapi memelihara ayam hias itu seperti ada kenikmatan sendiri, jadi bisa melepas stress sehingga jadi pengen nambah ayam hias jenis lainnya."

Ayam Brahma di IBHA Farms"Ayam Brahma di IBHA Farms"

Bahkan Deni Dalwian rela menjual salah satu motor besarnya untuk menambah koleksi ayam hiasnya. "Jalan untuk memelihara hingga membudidaya ayam hias semakin terbuka dengan bertemu peternak ayam hias yang sangat terkenal di Bandung. Cukup banyak indukan ayam yang saya beli dari hasil menjual motor, hehehe... "

Indukan ayam hias yang diboyong dari Bandung yakni jenis American Silkie, "Banyak peternak atau pemelihara ayam salah dalam membeli jenis American Silkie karena hampir serupa dengan ayam kapas. Beruntung saya dipercaya untuk membeli indukan ayam American Silkie dan sekaligus dibimbing cara memeliharanya. Alhamdulillah, sekarang indukanny telah menghasilkan."

Memang Deni Dalwian sempat trauma karena gagal memelihara ayam Brahma, padahal semua referensi mengatakan ayam Brahma sangat mudah dipelihara dan daya tahan tubuhnya lebih bagus." Akhirnya saya benar - benar fokus untuk mempelajari tentang ayam brahma juga, dan kini dari tiga set dapat menghasilkan anakan sebanyak 200 ekor selama tiga bulan."

IBHA Farms, Sukses Beternak Ayam Hias "IBHA Farms, Sukses Beternak Ayam Hias "

Untuk penetasan ayam, IBHA Farms mengunakan alat penetas telur atau inkubator telur dengan kapasitas 300 telur. "Untuk pemeliharaan saya menggunakan management remote dengan dibantu dua orang pegawai dan juga istri. Untuk penjualan, saya masih mengunakan network atau temen - temen bermain motor. Dan juga menggunakan online shop yang ada saat ini."

Saat ini koleksi ayam hias di IBHA Farms terdiri dari Ayam Serama, Brahma, American Silkie, Onagadori, Poland (berbagai jenis), Chocin, Sultan (berbagai jenis), dan ayam Arab. Dan tentunya Deni Dalwian memastikan akan terus menambahkan koleksi ayam hiasnya. Namun untuk memenuhi targetnya, IBHA Farms berkeinginan mencari lokasi yang cukup luas agar lebih memelihara di satu lokasi.

Ayam Sultan Rare"Ayam Sultan Rare"
 

"Indonesia sangat kaya dengan kondisi alam sangat cocok untuk memelihara ayam. Berbeda dengan negara lain yang mungkin bersuhu ekstrim. Ayam hias di Indonesia seperti Black Sumatera juga tidak kalah bagusnya. Jujur saya masih ingin memelihara ayam hias yang asli dari Indonesia."

Bagaimana, Sahabat Tani juga tertarik membudidaya ayam hias? IBHA Farms juga bakal memberikan cara management remote, termasuk program sistem perhitungannya lho.

Related News