• 26 April 2024

Belajar Menanam Bonsai Demi Investasi

"Tidak salah Bonsai dianggap tingkat tertinggi dari tanaman hias, mungkin disebabkan butuh kesabaran dan jiwa seni yang tinggi untuk menghasilkan bonsai berkualitas. Bonsai dianggap mulai menunjukan hasil ketika usia memasuki diatas tujuh tahun sehingga proses ini yang sangat mahal nilainya."

 

Jagadtani - Tampilan tanaman hias yang menarik dapat menjadi obat penawar kejenuhan dari berbagai rutinitas. Banyak pilihan dari tanaman hias yang dijadikan hobi, seperti Tanaman Bonsai. Memang belum banyak yang memilih tanaman bonsai sebagai tanaman hiasnya karena proses panjang dengan waktu panjang sebagai penghalangnya. Namun tanpa disadari tanaman bonsai merupakan salah satu investasi bagi pemiliknya. Untuk memiliki tanaman bonsai, ada beberapa tahapan yang harus diketahui Sahabat Tani.

Bonsai Mame"Bonsai Mame"
 

Tanaman atau pohon bonsai merupakan pohon yang pertumbuhannya sengaja dibuat kecil atau kerdil dengan media pot dangkal dengan tujuan agar tampilannya seperti pohon pada umumnya tetapi berukuran kecil. Bonsai sebenarnya berasal dari China dengan nama Penzi atau Penjing, sedangkan Bonsai merupakan pelafalan dari bahasa Jepang. 

Bonsai sendiri merupakan seni merawat pohon yang membentuk batang, dahan, daun hingga akar agar terlihat indah dan sesuai dengan keinginan sang seniman bonsai. 

Untuk mendapatkan informasi tentang menanam bonsai, tim Jagadtani menyempatkan berkunjung ke galeri K3D (Komunitas Kampung Kita Depok) demi menemui Iwan Andrianto atau kerap dipanggil Iwan Bens. Nama Iwan Bens telah cukup akrab diantara penggiat tanaman bonsai, berbagai karyanya telah banyak mendapatkan berbagai prestasi.

Iwan Bens Bonsai"Iwan Bens Bonsai"
 Iwan mengatakan ada tahapan yang harus diketahui bagi Sahabat Tani untuk mengawali belajar menanam bonsai. Langkah awal adalah mencari informasi tentang tanaman bonsai dengan berkumpul atau silaturahmi dengan para penggiat bonsai. Tujuannya agar mengetahui seluk beluk tanaman bonsai agar tidak merogoh kocek terlalu banyak. Berbeda yang ingin langsung membeli tanaman bonsai jadi atau telah siap dinikmati dengan harga cukup tinggi.

Sebagai informasi, harga tanaman bonsai tidak ada patokan dasar karena semua tergantung dari 'taste' pembelinya. Bahkan ada tanaman bonsa jenis Mame yang dibanderol lebih dari seratus lima puluh juta. Dan nilai tersebut dapat meningkat seiring berjalannya waktu. "Dengan nongkrong bersama mereka yang lebih dulu menyukai bonsai maka bisa melihat langsung hingga mempelajari tanaman bonsai sehingga bisa menimimalkan 'uang sekolah'. Dengan melihat langsung nanti akan tumbuh rasa cinta dan memiliki sehingga jiwa seninya akan muncul."

Selanjutnya menentukan jenis pohon apa yang akan dirawat menjadi tanaman bonsai. Cukup banyak jenis tanaman bonsai, tetapi untuk pemula disarankan memulai dengan Anting Putri. Tanaman yang dapat digunakan sebagai tanaman obat memiliki karakter cukup mudah dirawat dan dibentuk karena tidak mudah sakit maupun gampang mati. "Anting Putri lebih mudah dirawat sehingga aman untuk pemula, paling bisa bertahan hidup cukup lama. Dan anting putri tergolong mudah dibentuk."

Galeri Bonsai K3D"Galeri Bonsai K3D"
 Setelah mendapatkan pohon Anting Putri, maka harus memilih pot dan medianya. Disarankan menggunakan media pasir agar lebih mudah merawat. Penyiraman pun harus dilakukan dua kali dalam sehari. Walau sebenarnya pohon Anting Putri dapat bertahan hanya satu kali disiram tetapi jika terlalu sering dapat menahan pertumbuhan bonsai. Pohon Bonsai membutuhkan sinar Matahari selama hidupnya sehingga saat hujan turun maka harus dibilas karena tingkat asam yang tinggi.

Untuk pemberian pupuk, dianjurkan menggunakan jenis slow release. Pupuk ini merupakan pupuk NPK majemuk yang diformulasikan secara khusus sehingga pelepasan hara dapat dikendalikan lebih lambat. Pemberian pupuk ini biasanya bisa dilakukan setiap tiga bulan. 

Bagi Sahabat Tani yang memulai dari pohon 'bahan' dilanjutkan membentuk. Tujuannya agar pertumbuhan pohon Bonsai sesuai dengan keinginan. Dan ini membutuhkan imajinasi dari sang seniman bonsai. Berbagai konsep dapat dibicarakan dengan mereka yang telah lama bergelut di dunia bonsai. Pembentukan bonsai ini menggunakan bantuan kawat sehingga disebut teknik wiring bonsai. 

Langkah pembentukan bonsai ini bisa dilakukan maksimal setiap tiga bulan, tetapi juga dapat disesuaikan dengan kondisi pertumbuhan pohon tersebut. Dan tentunya semua tergantung 'jiwa seni' dari sang seniman bonsai.

Tanaman Bonsai"Tanaman Bonsai"
 

Selain wiring, Sahabat Tani juga dapat melakukan pruning bonsai. Dengan memangkas daun maka dapat meremajakan tumbuhan tersebut. Tahapan perawatan bonsai cukup panjang, kesabaran menjadi kunci keberhasilan. Jadi tidak salah tanaman bonsai merupakan investasi masa depan. 

Bagaimana Sahabat Tani tertarik memulai merawat tanaman Bonsai?

 

 

 

Related News