• 29 March 2024

Grand Vitara, SUV Legendaris Hadir Bagi Petani Milenial

Kehadiran Grand Vitara dalam pameran otomotif terbesar awal tahun ini, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, memberikan arti tersendiri bagi Sahabat Tani. Apalagi bagi mereka yang pernah merasakan sensasi mengendarai Suzuki Vitara. 

 

Jagadtani - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) hadir dalam Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 dengan mengenalkan produk terbaru dengan nama legendaris, Suzuki Grand Vitara (16/02). Grand Vitara hadir dengan teknologi pintar, Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) dan telah mengadopsi teknologi elektrifikasi di kelas Medium Sport Utility Vehicle (MSUV). 

Dengan mengusung tagline ‘Gear To Dominate, Excellence Escalated’, Grand Vitara akan membawa pengalaman baru yang lebih tinggi untuk eksplorasi gaya hidup modern. Mungkin hal ini membuat fitur 4-wheel yang diandalkan pada Suzuki Vitara tidak dihadirkan. Padahal sangat dibutuhkan bagi Sahabat Tani yang ingin mengunjungi perkebunan.

Suzuki Grand Vitara "Suzuki Grand Vitara "

Sales Marketing Director Suzuki Indonesia, Matsushita Ryohei, menyampaikan bahwa hadirnya Grand Vitara kembali mengaspal di Indonesia merupakan sebuah wujud komitmen kuat dari Suzuki dalam mengakomodir kebutuhan masyarakat Indonesia akan SUV pintar dengan kualitas terbaik dilengkapi kemajuan teknologi. “Saat ini, ada pergerakan trend dan kebutuhan di industri otomotif dengan mendominasinya SUV di Indonesia. Selain itu, kesadaran masyarakat terhadap kendaraan yang ramah lingkungan juga terus meningkat. Dengan studi komprehensif dan mendalam, kami berinovasi memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut dengan menghadirkan kembali salah satu SUV bersejarah milik Suzuki yaitu Suzuki Grand Vitara yang menawarkan SUV premium yang dilengkapi dengan fitur terbaru yang canggih serta teknologi elektrifikasi sehingga penggunaan bahan bakar akan lebih efisien “ terang Matsushita di sela-sela sambutannya pada saat acara peluncuran. 

Grand Vitara mengandalkan mesin 1.500cc berkode K15C Dual Jet yang ramah lingkungan serta efisien. Performa mesin dapat mengeluarkan tenaga sebesar 103,06 PS/6.000 rpm dengan torsi sebesar 136,8 Nm/4.400 rpm. Tenaga tersebut disalurkan melalui 6-speed Automatic Transmission yang juga dilengkapi dengan paddle shift di balik lingkar kemudi. Teknologi SHVS mengusung penggunaan ISG (Integrated Starter Generator) dan Lithium-ion Battery yang akan mengoptimalkan kinerja mesin K15C Dual Jet tersebut.

Secara dimensi, Suzuki Grand Vitara memiliki panjang 4.345 mm, lebar 1.795 mm dan tinggi 1.645 mm sehingga memberikan tampilan kompak namun gagah. Kelincahannya juga didukung oleh wheelbase 2.600 mm. Dengan ground clearance setinggi 210 mm, Suzuki Grand Vitara menggunakan MacPherson Strut with Coil Spring (suspensi depan) dan Torsion Beam (suspensi belakang).

Demi kenyamanan dan keamanan, Suzuki Grand Vitara telah mengadopsi berbagai fitur seperti 6 Airbag, ESP (Electronic Stability Program), ABS (Anti-lock Braking System), BA (Brake Assist), EBD (Electronic Brake-force Distribution) dan Hill Hold Control. Untuk memberikan kemudahan berkendara, Suzuki Grand Vitara telah terdapat 360 camera, rear parking camera serta parking sensor.

Suzuki Grand Vitara "Suzuki Grand Vitara "

Fitur yang tidak kalah menarik pada Suzuki Grand Vitara adalah panoramic sunroof, LED Projector Headlamp berikut Autolight with Guide Me Light, Cruise Control, Head Up Display (HUD) dan smartphone wireless charging. Urusan hiburan, Suzuki Grand Vitara telah dibekali head unit touchscreen 9 inch yang dapat terkoneksi dengan smartphone. Be

Suzuki Grand Vitara hadir dengan dua varian yaitu GX dan GL. Pada varian GX tersedia 4 pilihan warna Pearl Splendid Silver + Black, Pearl Artic White + Black, Pearl Celestial Blue dan Pearl Midnight Black. Sedangkan pada varian GL tersedia 3 pilihan warna seperti Pearl Artic White, Prime Grandeur Grey dan Pearl Midnight Black. 

Untuk harga, Sahabat Tani harus bersabar karena masih belum dirilis oleh PT Suzuki Indomobil Sales.

Related News