• 26 April 2024

Deretan Mesin Panen Padi Pilihan Jagadtani

Jagadtani - Semakin Berkembangnya teknologi yang bertujuan meringankan penggunaanya, seperti halnya di dunia pertanian. Cukup banyak produsen yang menawarkan berbagai mesin, mulai dari untuk menanam, memberi pupuk hingga memanen. Khusus untuk mesin panen padi, beberapa pabrikan telah menghadirkan dengan beragam keunggulan yang diklaim dapat memberikan banyak keuntungan dibanding cara tradisional.

Beragam mesin panen atau disebut combine harvester yang dihadirkan produsen luar negeri hingga lokal telah disesuaikan dengan kondisi maupun kebutuhan Sahabat Tani. Combine Harvester dapat digunakan untuk memanen padi dan jagung dengan kemampuan melakukan tiga pekerjaan secara langsung, yitu memotong, mengumpul dan merontokkan. Keunggulan dari mesin panen ini dapat memangkas biaya tenaga kerja dan biaya upah angkut hingga mempersingkat waktu panen. 

Berikut lima model mesin panen padi yang dipilih oleh tim Jagadtani:

Kubota DC70

Dapat dikatakan bahwa produsen Kubota telah terkenal di dunia pertanian, untuk mesin panen juga tersedia dalam beragam pilihan yang dapat disesuaikan kondisi lahan pertanian. Salah satu tipenya adalah Kubota DC 70 yang hadir dalam varian berbeda dengan keunggulan tersendiri. 

Kubota DC70"Kubota DC70"
 
Kubota DC70 menggunakan plat dasar auger yang dapat dilepas, sehingga plat atas yang telah aus dapat dirotasikan dengan plat bagian bawah. Bahan dasar plat dasar feeder adalah besi daya tahan tinggi terhadap abrasi sehingga tahan hingga dua kali lipat dibanding model sebelumnya. Untuk mesin mengandalkan Kubota V2403-M-DI-TE dengan tenaga yang dihasilkan 69Ps/2700Rpm. Kapasitas tanki bahan bakar sebanyak 85 liter. Dimensi Kubota DC70 4.800x2295x2830 mm yang berdaya angkut gabah 416 Liter. 

Dengan harga berkisar Rp500 jutaan, Kubota DC70 diklaim dapat memanen hingga 2000 meter dalam waktu 40 menit. Dan Kubota DC70 juga dapat memanen padi rebah hingga meningkat 10%. Sedangkan untuk memanen jagung, Kubota DC70 harus ditambahkan piranti tambahan (Corn Kit) CK 70 yang berupa pisau bergerigi. 

Maxxi Bimo 110 Plus

Maxxi Bimo 110 Plus mengadopsi mesin diesel dengan tenaga 110 HP 4 langkah yang irit bahan bakar dengan kecepatan lebih dari 5 km/jam. Mesin panen padi ini diklaim dapat menghasikan gabah dengan hasil susut yang sangat rendah yaitu 0,95% dan juga tingkat kerusakan gabah yang minim yaitu 1,06%. 

Maxxi Bimo 110 Plus"Maxxi Bimo 110 Plus"
 
Dengan ground clearance cukup tinggi membuat Maxxi Bimo 110 dapat digunakan pada medan ekstrem yang berlumpur. Sedangkan kemampuan potongnya cukup luas mencapai 2.190mm sehingga akan lebih efektif ketika melakukan panen.

Yanmar YH850

Yanmar YH850 merupakan salah satu mesin panen padi unggulan buatan Yanmar dengan klaim tidak masalah terjebak lahan dalam berlumpu, walau secara bobot mencapai 3.333 kilogram. Dan Yanmar YH850 telah mengadopsi SmartAssist sehingga pengawasan atau pengaturan dapat melalui aplikasi di telepon pintar Sahabat Petani.

Yanmar YH850"Yanmar YH850"
 
Secara dimensi, Yanmar YH850 memiliki dimensi panjang 5.070mm x 2.285mm dengan tinggi 2.930mm dan ground clearance mencapai 420mm. Spesifikasi dimensi tersebut membuat Yanmar YH850 tangguh pada lahan dalam yang berbobot 3.333kg. Mesin Yanmar TNV generasi terbaru dengan FDS dan Kemudi bundar dengan transmisi teknologi baru bernama FDS. Untuk bahan bakar, Yanmar YH805 membutuhkan solar yang diklaim hemat konsumsi.

Yanmar YH850 yang menggunakan roda karet besar dan panjang dapat memanen pada padi rebah maupun padi tinggi. Dipastikan gabah hasil panen akan bersih karena menggunakan double rotor system.

Quick Combine Harvester QH-11

Kemampuan dari Quick Combine Harvester QH-11 Series dapat digunakan untuk menuai, merontokkan, dan menampi padi. Hasil keluaran berupa gabah dengan tingkat kebersihan mencapai 91,85% dan loses 1,95%.

Quick Combine Harvester QH-11"Quick Combine Harvester QH-11"
 
Dengan ketinggan alat potong yang dapat diatur dengan sistem hidrolik membuat Quick QH-11 dapat membuat panen padi menjadi lebih cepat dan efisien. Untuk melibas medan berlumpur dipercayakan pada Track Crawler yang digunakan terbuat dari karet dan memiliki lebar 320 mm. Pola unik pada crawler didesain untuk memudahkan mesin panen ini beroperasi di lahan kering, basah, hingga berlumpur.

Dengan dimensi yang cukup ringkas, QH-11 memiliki radius putar yang mumpuni sehingga layak digunakan pada lahan sawah berukuran kecil hingga sedang. Untuk pengendalian, mesin panen padi ini, diklaim sangat nyaman dan aman.

Related News