• 23 February 2024

Keseruan Kontes Kambing PE Kaligesing dan Saanen

Jagadtani - Ratusan kambing dari berbagai daerah mengikuti open kontes kambing Kaligesing dan Saanen. Kontes ini digelar pada 25 – 26 Februari 2023 di Lapangan Bola Jl. Salah Raya, PD. Benda, Kec. Pamulang, Tangerang Selatan, Banten.

Ketua Panitia Open Kontes Goat Milenial Community, Wahyu mengatakan, kontes ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi peternak kambing.

Kontes Domba dan Kambing

“Ya sebenarnya kita mengadakan kontes ini untuk menjalin silaturahi antar peternak kambing dan domba baik dari Jabodetabek, pulau jawa, dan lampung. Terutama di Tangsel ini, banyak peternak yang tidak berani tampil, karena mereka merasa beternak itu tidak membanggakan, dan disini kita ingin menunjukkan kalau kita itu harus bangga menjadi peternak, karena dalam dunia kambing ini tdak hanya untuk lebaran dan aqiqah saja. Masih banyak potensi lainnya, seperti kambing perah dan juga kambing kontes.”

Untuk mengikuti kontes ini tidak sulit loh, yang terpenting para peternak harus mempersiapkan hewan ternaknya minimal 1 minggu sebelum kontes. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal selama kontes, seperti salah satu peserta Fajar peternak asal dari Tanggamus Lampung.

kontes kambing Kaligesing dan Saanen

“Kita bawa 8 ekor untuk kontes hari ini, masuk dikelas E Betina, E jantan, dan Kelas C jantan. Nah, persiapan yang paling utama yang gak bisa ketinggalan itu susu dan makanan tambahan, juga kita mandiin 3 hari sekali dengan sampo khusus, dan vitamin bulu.” Ujar Fajar

Kontes ini terbagi menjadi dua kategori dengan berbagai kelas, yaitu PE Ras Kaligesing dan Saanen.

Mulai dari kelas A – E untuk Jantan dan Betina, Jantan Dewasa, Betina Laktasi, Jantan & Betina Cempe 50-60cm, dan juga kelas extream. Peserta kontes sendiri berasal dari Jabodetabek, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Lampung.

Selaku ketua Goat Milenial Community dengan adanya kontes ini tumbuh calon peternak-peternak baru yang berasal dari milenial.


“Kontes kambing ini kan merupakan pertama kalinya kontes yang diadakan di Jabodetabek, jadi harapan kedepannya itu kambing-kambing ini bisa lebih dikenal di wilayah Jabodetabek, juga bisa mengedukasi masyarakat supaya tumbuh calon-calon peternak milenial yang baru.” Zulfikar

 

Related News