• 30 May 2024

Keuntungan Beternak Domba Sistem Kandang Semi Umbaran

Jagadtani - Budidaya Domba maupun Kambing memang sangat menjanjikan, terlebih menjelang Idul Adha atau lebaran kurban. Untuk tahun ini, dipastikan permintaan hewan kurban meningkat seiring telah berlalunya isu Penyakit Mulut dan Kuku yang menerpa di tahun lalu. Dengan meningkatnya kebutuhan Domba dan Kambing, berbagai inovasi mulai dikembangkan oleh para peternak. Salah satunya dengan menerapkan kandang semi umbaran.

Kandang semi umbaran merupakan langkah agar domba maupun kambing merasa di alam liar sehingga lebih sehat dan produktif.

kandang semi umbaran domba"kandang semi umbaran domba"
 
Maksud dari kandang semi umbaran yang dikhususkan untuk domba kambing (Dombi), dapat memberikan banyak keuntungan dalam meningkatkan kesehatan dan produktifitas. Ukuran kandang semi umbaran memang bervariasi, untuk peternakan Bagja Ngukut Domba yang dikunjungi  tim JagadTani menerapkan 3 x 5 meter. Pembagiannya 3 x 2 meter untuk semi panggung, sedangkan 3 x 3 meter merupakan umbarannya.

"Dengan kandang semi umbaran, domba akan lebih sehat karena pergerakan mereka tidak terbatas. Dapat dilihat pada kelincahan domba, apalagi yang masih kecil - kecil yang terlihat lincah dan sehat. Domba juga sangat sensitif dengan urine, melalui kandang umbaran membuat domba lebih sehat." ungkap Salman Asidiqi - Pemilik peternakan Bagja Ngukut Domba.

Salman Asdiqi Pemilik Bagja Ngukut Domba"Salman Asdiqi Pemilik Bagja Ngukut Domba"
 
Kandang semi umbaran juga sangat efektif dalam menjaga kebersihan kandang, hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari lima menit dalam membersihkan. Kotoran domba bisa dikumpulkan di bawah semi panggung, selanjutnya setelah terkumpul dapat ambil untuk digunakan sebagai pupuk. Kebersihan merupakan bagian penting dalam menjaga kesehatan maupun peningkatan produktifitas dalam beternak. 

Sedangkan untuk produktifitas, kandang semi umbaran berukuran 3 x 5 meter dapat menampung domba sebanyak 15 betina dengan 1 pejantan. Perkawinan domba lebih bagus secara alami atau bukan dipaksa sehingga lebih efektif. "Alhamdulillah dengan menerapkan kandang semi umbaran, dalam satu periode musim kawin langsung menghasilkan. Bila dengan sistem paksa butuh waktu sampai dua periode musim kawin. Mungkin pejantan secara alami akan berusaha membuahi betina sehingga langsung kawin."

Domba termahal"Anak Domba"
 
Kandang semi umbaran telah terbukti dapat menjaga kesehatan domba hingga meningkatkan produktifitas. Namun tentu membutuhkan ruang yang lebih luas dibandingkan kandang standar. Tetapi dengan keuntungan yang diraih, rasanya sangat tetap lebih menghasilkan. 

Bagaimana menurut Sahabat Tani?

 

Related News