• 30 May 2024

GJAW 2023 Jadi Pemicu Peningkatan Produksi Domestik

uploads/news/2023/03/gjaw-2023-jadi-pemicu-78372891c1602f7.jpg

Jagadtani - GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) 2023, telah resmi dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto didampingi  Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita, beserta jajarannya pada Jumat (10/03). Pemeran otomotif yang digelar selama 10 hari ini, tampil beda dengan inovasi industri otomotif secara lengkap.

Dalam sambutannya, Menko Airlangga menjelaskan bahwa industri alat angkutan merupakan salah satu industri yang mengalami pertumbuhan cukup signifikan sejak Q2-2021 yang lalu. Hingga Q4-2022. industri alat angkutan mampu meneruskan tren pemulihan perekonomian dan tumbuh 10,95%. Purchasing Managers' Index (PMI) Manufaktur pada Februari 2023 juga meningkat ke level ekspansif yaitu 51,2. Tentu alat angkutan ini juga termasuk bagian yang dibutuhkan dalam usaha pertanian.

"Kami mengapresiasi langkah GAIKINDO untuk menyelenggarakan Pameran GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) 2023. Pencapaian angka penjualan yang baik adalah kunci untuk menarik investasi lebih di sektor otomotif. Melihat capaian yang impresif tahun 2022 lalu dimana mencatat penjualan mencapai 1.048.040 unit, capaian tersebut harus terus didorong dan dipertahankan. Semoga target total transaksi Pameran GJAW 2023 dapat tercapai," tutur Airlangga Hartarto saat membuka GJAW 2023 di Jakarta Convention Centre, Senayan, DKI Jakarta.

Yohannes Nangoi sebagai Ketua Umum GAIKINDO, melaporkan kinerja industri otomotif yang terus tumbuh. "Kami bersyukur dan bangga saat ini posisi industri otomotif dalam negeri terus menguat. Kami sampaikan apresiasi dan terima kasih Kami kepada pemerintah Republik Indonesia, dan khususnya kepada Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Kementerian Perindustrian, atas arahan, dukungan dan kebijakan untuk mendukung pertumbuhan industri otomotif Indonesia serta khususnya untuk penyelenggaraan GJAW yang adalah pameran yang diprakarsai bersama GAIKINDO dan Kementerian Perindustrian," ujarnya.

Yohannes menambahkan bahwa tahun ini GJAW menampilkan konsep berbeda, pertama kali di Indonesia sebuah pameran otomotif berkolaborasi dengan dunia lifestyle, lewat Jakarta Concert Week, Jakarta Auto Runway, dan Indonesia Authentic Food Festival. "Tujuan Kami pengunjung dapat menikmati launching, inovasi, dan promo terbaik dari industri otomotif, sekaligus lifestyle di satu waktu. Kami berharap kehadiran berbagai merek otomotif dengan lineup yang lengkap, serta berbagai inovasi di GAIKINDO Jakarta Auto Week 2023, akan mendapatkan sambutan positif dari masyarakat, berkontribusi terhadap angka penjualan industri otomotif Indonesia serta secara berkelanjutan terus menjaga gairah pasar otomotif di Indonesia," jelas Nangoi. 

GJAW 2023 yang digelar sejak tanggal 10 -  19 Maret 2023 di JCC Senayan menghadirkan lebih dari enam puluh merek, termasuk kendaraan penumpang, kendaraan premium, kendaraan komersial, dan industri pendukung. Para anggota GAIKINDO, BMW M, Chery, Citroen, Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Subaru, Suzuki, Toyota, dan Wuling akan fokus pada peluncuran kendaraan terbaru dan juga promo untuk meningkatkan transaksi sepanjang pameran berlangsung. 

Related News