• 23 February 2024

Sukses Budidaya Jamur Tiram Berkat YouTube

Jagadtani - Jamur tiram sudah tidak asing lagi bagi masyarakat di Indonesia. Salah satu bahan makanan yang banyak dicari untuk dijadikan suatu makanan yang lezat. Banyaknya peminat jamur tiram di Indonesia saat ini juga semakin banyak pula petani atau pembudidaya jamur tiram. Salah satu usaha yang murah namun dengan hasil yang cukup menjanjikan.

Jamur tiram adalah jamur yang tumbuh liar dan aman untuk dikonsumsi. Apalagi, jamur tiram ini merupakan makanan yang menyehatkan.  Saat ini sudah banyak petani yang beralih menjadi petani jamur tiram.

Salah satunya, Buchari atau sering disapa Buce. Laki-laki yang memiliki tekad untuk bertani jamur tiram di tengah kota Jakarta ini sudah berhasil membuktikannya.

“Saya berfikir bisa tidak ya budidaya jamur tiram dengan cuaca disini yang extrime kadang panas kadang hujan, kemudian saya mulai dari membeli baglog sebanyak 1500 dengan harga sekitar 4 jutaan. Setelah dua minggu berlalu ada jamur yang tumbuh satu saya senang sekali. Apalagi jamur tiram ini punya kandungan yang bagus untuk kesehatan, seperti Vitamin B, Vitamin B12, antioksidan, dan kadar lemak yang tinggi cocok dikonsumsi untuk orang yang memiliki penyakit jantung ” Ujar Buce

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa usaha jamur tiram ini cukup mudah. Buce mengaku dengan menjaga kelembapan ruangan dan baglog jamur bisa tumbuh dengan baik.

“Jadi kalau skala rumahab itu tempat harus dijaga kelembapannya, dengan menggunakan lantai yang bukan keramik ya, gunakan lantai yang disemen aja karena dia kan penyerapan dan penguapannya lebih bagus, dan juga jangan lupa untuk di siram pagi, siang, dan sore.” Tambah Buce.

 
Untuk itu Buce mengajak para petani atau masyarakat kita bantu jaga salah satu yang menjadi ketahanan pangan yang sangat realistis di masyarakat dan juga dengan bertani kita bisa bermanfaat untuk orang banyak. 

Related News