• 5 May 2024

Alasan Timun Suri Jadi Menu Berbuka Puasa

Jagadtani - Sahabat Tani mungkin telah membayangkan menu untuk berbuka puasa, es buah hingga hidangan lainnya dapat dijadikan pilihan. Untuk buah yang biasanya muncul ketika bulan Ramadan cukup bervariasi, termasuk Timun Suri dan Blewah. Masa panen yang diatur membuat buah ini menjadi pilihan berbuka puasa.

Untuk saat ini, harga Timun Suri cukup bervariasi dengan rentan lima ribu rupiah hingga tujuh ribu per kilogramnya. Harga ini tidak memiliki kesamaan pada beberapa wilayah.

Alasan Timun Suri Jadi Menu Berbuka Puasa"Alasan Timun Suri Jadi Menu Berbuka Puasa"
 
Khusus Timun Suri, buah yang masuk dalam anggota suku labu-labuan (Cucurbitaceae), memiliki nama lain yakni mentimun suri, bonteng suri, timun betik atau barteh. Jadi Timun Suri bukan masuk dalam golongan mentimun (Cucumis sativus), padahal secara bentuk buahnya memanjang dan mirip dengan mentimun. Namun dari segi morfologi dan sitologi, Timun Suri tidak sama dengan mentimun. Dari segi bentuk daun dan ukuran bijinya lebih mirip pada buah blewah atau melon (C. melo).

Walaupun dianggap tanaman musiman, tetapi Timun Suri sebenarnya dapat diatur masa panennya yang disesuaikan kebutuhan. Timun suri diincar untuk menu berbuka puasa karena kandungan kalium yang cukup tinggi.

Kalium sangat dibutuhkan untuk menjaga kesegaran tubuh setelah menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. 

Kandungan Timun Suri dalam 100gram terdiri dari Air (96,32 gram), Vitamin C (24,86 mg), Kalium (1008 mg), Fosfor (422 mg), Protein (1,26 g), Lemak (0,04 g), Karbohidrat (2,09 g), Kalsium (768 miligram), Zat besi (0,20 mg) dan Serat (0,89 mg).

Dengan beragam nutrisi yang terkandung dalam Timun Suri, dapat memenuhi asupan pada tubuh setelah menjalankan ibadah puasa. Sementara vitamin C yang terkandung dapat menjadi antioksidan sehingga dapat melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas.

Alasan Timun Suri Jadi Menu Berbuka Puasa"Alasan Timun Suri Jadi Menu Berbuka Puasa"
 
Selain itu, tekstur yang halus saat dimakan tidak membuat perut kaget menerima makanan setelah berpuasa. Timun Suri juga tergolong buah yang dapat dikombinasikan dengan buah jenis lainnya dan tidak merusak rasanya. 

Bagaiman, Sahabat Tani sudah menentukan olahan untuk Timun Suri?

Related News