• 2 May 2024

Khasiat Air Kelapa Muda Untuk Berbuka Puasa

uploads/news/2023/03/khasiat-air-kelapa-muda-957028fcd5e37a5.jpg

Jagadtani - Kesegaran air kelapa muda tidak perlu diragukan lagi, terbukti antrian pembeli dapat menimbulkan kemacetan menjelang waktu berbuka puasa. Air kelapa muda memiliki rasa manis yang khas dan aroma menyegarkan. 

Kandungan elektrikit pada air kelapa muda dapat menggantikan cairan tubuh setelah satu hari menjalankan ibadah puasa. Air kelapa memiliki keistimewaan yang mendapat berkah ALLAH SWT karena dilindungi dari kulit, sabut, batok hingga daging (kelapa). Air kelapa yang terpapar oksigen akan langsung oksidasi dan langsung fermentasi.

Dari data yang diperoleh, air kelapa sebanyak 100gram memiliki komposisi gizi terdiri Energi (17 Kalori), Lemak (0,1g), Protein (0,2g), Karbohidrat (3.8 g), Kalsium (15 miligram), Besi (0.2mg, Fosfor (8mg), Kalium (149g) dan Natrium (1g).

Beragam kandungan yang terdapat pada air kelapa dapat memberikan keuntungan bagi tubuh, seperti memperlambat penuaan berkat kandungan sitokinin, memperlancar pencernaan, mencegah batu ginjal, mengusir radikal bebas, mengatur tekanan darah dan kolesterol. 

Namun dari kandungan yang terdapat pada air kelapa muda, memamg dipastikan nutrisi yang diperoleh akan lebih besar dibandingkan mengkonsumsi pisang maupun jeruk. Istilahnya, Sahabat Tani memperoleh kebutuhan hanya dari satu jenis buah saja. Namun yang perlu diperhatikan, efek dari jumlah kalium yang tinggi pada tubuh.

Jika ada yang mengatakan 'lemas setelah minum air kelapa', ungkapan tersebut tidak salah. Hal ini disebabkan Kalium yang terdapat pada air kelapa muda dapat menjadi diuretik alami, membantu ginjal mengeluarkan air.

Akhirnya berakibat ginjal harus bekerja lebih keras agar menghilangkan kelebihan air sehingga tubuh akan terasa lebih lemas. Jadi mengkonsumsi air kelapa tidak boleh berlebihan, maksimal satu gelas perhari.

Jadi, Sahabat Tani pasti telah mengetahui bahwa apapun yang berlebihan akan berdampak kurang baik.

Related News