• 3 May 2024

Renyahnya Melon Berkualitas Inovasi Anak Bangsa

uploads/news/2023/03/renyahnya-melon-berkualitas-inovasi-4835758666b5d5d.jpg

Jagadtani - Melon merupakan salah satu buah populer yang banyak dipilih masyarakat sebagai buah konsumsi lantaran beragam pilihan baik rasa maupun tampilan. 

Salah satu produk buah melon unggul yang baru dikenalkan di pasaran, yaitu melon Minion. Melon dari varietas ini memiliki ciri khas aromatik, rasa daging buah manis hingga 15-17 briks dengan tekstur daging yang renyah. 

Selain buah melon dengan bobot rata-rata 800—1.200 gram per buah tidak terlalu besar sehingga mudah dibawa saat berbelanja, juga dapat langsung habis setelah dibuka untuk konsumsi 3-4 orang dalam satu keluarga.

Produk buah melon Minion diluncurkan ke pasaran sebagai hasil kerjasama Benih Sumber Andalan dan Fitotech Agri. Melon Minion ini merupakan hasil pemuliaan Dr. Azis Natawijaya di PT. Benih Sumber Andalan. 

Melon Minion merupakan salah varietas melon hibrida yang dirakit dari hasil persilangan 2 galur murni yang terseleksi sejak bergenerasi generasi. Pembentukan tetua melon Minion dihasilkan melalui seleksi generasi menyerbuk sendiri selama 8 generasi. 

Salah satu mitra Benih Sumber Andalan dalam memproduksi produk buah melon Minion, yaitu Fitotech Agri yang merupakan perusahaan yang berbasis riset dan berorientasi pada pengembangan produk buah tropis. 

Dalam hal ini, Fitotech Agri mencoba menanam melon Minion di lahan seluas 10.000 meter persegi. Jika rata-rata bobot buah 1 kilogram dengan populasi 8.000 tanaman per hektare, maka potensi hasil pada 1 musim atau selama 2 bulan sebanyak 8.000 kilogram. 

Dr. Azis Natawijaya menyampaikan kolaborasi antara Benih Sumber Andalan dan Fitotech Agri merupakan wujud komitmen anak bangsa dalam mengembangkan produk hasil inovasi dalam negeri. 

Dirinya berharap produk buah melon Minion dapat dikembangkan dalam skala luas agar produknya bisa dirasakan oleh masyarakat luas. 

Selain memproduksi buah melon Minion, Fitotech Agri berencana membuka kelas edukasi untuk budidaya melon eksotik. Sementara kegiatan pelatihan akan diintegrasikan pada saat panen buah melon. 

"Produk buah melon Minion diharapkan menjadi salah satu produk unggulan perusahaan dalam upaya untuk menghasilkan inovasi teknologi pertanian yang lebih baik dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat," tandasnya dikutip Selasa (28/3). 

Related News