• 4 May 2024

Ketupat Kaya Gizi Berkat Daun Kelapa Muda

Jagadtani - Pohon kelapa dianggap menjadi tanaman serba guna dengan beragam manfaat dari setiap bagiannya. Dan menjelang hari raya Lebaran, dipastikan permintaan daun kelapa muda atau janur semakin meningkat. Rasanya kurang lengkap bila merayakan Hari Raya Idul Fitri tanpa adanya 'ketupat lebaran plus opor ayam'. 

Pasti sebagian Sahabat Tani dapat menganyam daun kelapa muda atau janur sedemikian rupa hingga menjadi ketupat. Bila dibandingkan dengan plastik sebagai sarana pengemasan, penggunaan janur dipastikan tidak berdampak pada tubuh dan tentu saja ramah pada lingkungan. 

Dilansir dari laman milik Universitas Gadjah Mada, dari hasil ekstrak daun kelapa muda atau janur memiliki potensi menjadi bahan pengemas aktif karena memiliki kandungan total senyawa fenolik dan aktivitas antioksidan. Potensi ini belum dieksplorasi secara maksimal. Hal yang dapat mendukung penerimaan dari bahan pengemas alami seperti daun adalah karakteristik fisik dan kimia.

Manfaat daun kelapa muda"Manfaat daun kelapa muda"
Penelitian yang dilakukan sebagai tugas akhir (skripsi) ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik fisik dan kimia dari janur segar dan perubahannya setelah pengukusan. Dengan kata lain, janur yang dikukus seperti halnya proses pembuatan ketupat. Sementara pada pengujian terhadap janur meliputi sifat fisik (warna, tebal, kuat tarik, dan kuat sobek) dan sifat kimia (kadar air, kadar lemak, total senyawa fenolik, dan aktivitas antioksidan).

Dengan hasil pengujian, semakin membuktikan janur memiliki keunggulan sebagai alat pembungkus makanan. Selain dapat dijadikan ketupat lebaran, rebusan daun kelapa muda dengan beberapa campuran bahan lainnya juga dapat dijadikan obat penurun darah tinggi (termasuk stroke hingga serangan jantung) dan mengobati penyakit kuning. 

Proses memasak ketupat memang membutuhkan kejelian, termasuk pada jenis beras, takaran hingga lama perebusannya. Namun yang pasti, menggunakan daun kelapa muda atau janur dapat membuat ketupat lebih tahan lama. Dibandingkan menggunakan plastik atau pun daun pisang.

 

 

 

Related News