• 29 April 2024

Cara Mengatasi Lele Lepas Lendir

Jagadtani - Budidaya ikan lele memang masih sangat menjanjikan dengan banyaknya permintaan. Namun ikan yang terkenal lebih kuat dibandingkan jenis ikan konsumsi lainnya, tetapi sebenarnya juga mudah terkena penyakit maupun kendala lainnya. Salah satunya lepas lendir pada ikan lele. 

Biasanya tanda ikan lele lepas lendir dapat terlihat adanya gelembung-gelembung di kolam lele yang diakibatkan ikan lele mengalami stres sehingga mengeluarkan lendir. penyebab lainnya ruang gerak lele sangat terbatas atau kolam terlalu padat sehingga terjadi gesekan antar ikan lele.

"ikan lele"
 
Lendir atau mukus pada ikan lele memiliki beberapa fungsi, tetapi secara khusus berguna untuk pertahanan lele. Lendir pada ikan lele merupakan lapisan pertama untuk melindungi tubuhnya dari serangan penyakit. Lendir lele mengandung senyawa antimikroba.

Biasanya ikan lele yang terinfeksi penyakit maka respon tubuh lele akan meningkatkan sekresi lendir. Lendir yang dihasilkan pada ikan lele akan memerangkap patogen yang menempel dan selanjutnya melepaskannya dari badan lele. Lendir lele yang terlepas dapat menjadi media hidup bagi penyakit sehingga harus segera mengatasi kendala ini.

Terdapat beberapa cara untuk menangani lele lepas lendir, namun Sahabat Tani harus mengetahui dengan mengidentifikasi penyebab dari penyakit ikan lele tersebut. Untuk mengatasinya, dapat dengan mengurangi air bagian bawah sebanyak 30%. Setelah itu, air diisi kembali kolam dan ikan lele wajib dipuasakan selama kurang lebih 1 hari atau sampai ikan lele tersebut lincah.

Sedangkan pada kolam yang terlalu padat, sebisa mungkin melakukan pembagian kepadatan. Atau mengatasi dengan cara mengalirkan air yang menyembur kencang dalam waktu cukup panjang (namun cara ini relatif boros). 

"pakan ikan lele"
Selanjutnya, sangat disarankan untuk memberikan probiotik ke kolam supaya bakteri pengurai kembali bertambah sehingga media menjadi stabil. Jika telah dapat diberikan, tidak ada salahnya menambahkan imunostimulan pada pakan agar ikan semakin lebih sehat setelah terkena penyakit lepas lendir.
 

 

 

Related News